29 April 2020, 06:48 WIB

Berkunjung ke RS, Wapres AS tidak Gunakan Masker


Basuki Eka Purnama | Internasional

WAKIL Presiden Amerika Serikat (AS) Mike Pence tidak menggunakan masker saat berkunjung ke Mayo Clinic, Selasa (28/4). Hal itu melanggar kebijakan rumah sakit itu meski wakil Donald Trump itu telah diperingatkan sebelumnya.

Video memperlihatkan Pence menyapa staf dan pasien di sebuah kamar rumah sakit tanpa mengenakan masker.

Salah satu aturan di rumah sakit yang berada di Minnesota itu berbunyi, "Salah satu protokol kami yang bertujuan memastikan keamanan Anda adalah mengharuskan seluruh pasien, pengunjung, dan staf mengenakan masker selama berada di Mayo Clinic untuk mencegah penularan covid-19."

Baca juga: Kasus Covid-19 di AS Tembus Angka 1 Juta

Klinik itu, dalam sebuah pernyataan resmi, mengaku telah memberi tahu aturan itu kepada kantor wakil presiden AS itu.

Beberapa waktu lalu, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC) mengeluarkan rekomendasi agar setiap warga AS mengenakan masker kain di ruang publik saat mereka tidak bisa menjaga jarak setiap saat, misalnya di toko dan apotek.

Hal itu karena sebagian besar mereka yang tertular covid-19 tidak menunjukkan gejala dan karena penelitian terakhir menunjukkan penularan virus itu bisa terjadi hanya melalui berbicara dan bernafas.

Pence, Trump, dan sejumlah pejabat Gedung Putih dengan sengaja mengabaikan saran untuk mengenakan masker. Hal itu memunculkan spekulasi bahwa hal itu merupakan aksi terencana untuk merendahkan keparahan pandemi covid-19. (AFP/OL-1)

BERITA TERKAIT