29 April 2020, 03:50 WIB

Franz Beckenbauer Lolos dari Jerat Hukum


Widhoroso | Sepak Bola

PERSIDANGAN dugaan korupsi terkait penyelenggaraan Piala Dunia 2006 dengan tersangka Franz Beckenbauer dihentikan tanpa adanya putusan. Kasus yang disidangkan di pengadilan Swiss tersebut telah berjalan selama lima tahun.     

Aturan hukum di Swiss menyebutkan waktu maksimal proses hukum terhadap kasus suap adalah 15 tahun sejak peristiwa terjadi. Pengadilan di Swiss tidak lagi memiliki wewenang atas kasus Beckenbauer karena kasus korupsi yang dituduhkan terjadi pada 2005.

"Kami sangat menyayangkan persidangan tidak bisa dilanjutkan. Kenyataan kasus ini telah berakhir tanpa hasil dalam bentuk apapun sangat mengkhawatirkan, tidak hanya untuk sepakbola, tetapi untuk administrasi peradilan di Swiss," jelas FIFA dalam pernyataanya.

Beckenbaur adalah ketua komite Piala Dunia Jerman ketika Jerman ditunjuk sebagai tuan rumah untuk Piala Dunia 2006. Legenda sepak bola Jerman itu dituduh memberikan uang 8,4 juta pound kepada mantan pejabat eksekutif FIFA Mohamed bin Hammam pada 2005 sebagai imbalan atas terpilihnya Jerman menjadi tuan rumah Piala Dunia 2006.

Pada Oktober 2015, Beckenbauer mengatakan dia tidak memberikan uang kepada siapa pun untuk membeli suara agar Jerman terpilih. Dalam pemilihan Jerman mengalahkan Afrika Selatan menang 12-11 suara dalam pemilihan yang berlangsung Juli 2000. (BBC/R-1)

 

BERITA TERKAIT