29 April 2020, 01:55 WIB

Datang ke Parigi Moutong, Pendatang Langsung Masuk Karantina


M Taufan SP Bustan | Nusantara

PEMERINTAH Kabupaten (Pemkab) Parigi Moutong, Sulawesi Tengah, mulai memperketat pemeriksaan di lima titik pintu masuk sebagai upaya mencegah penyebaran virus korona (Covid-19). Bagi pendatang yang tidak memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) Parigi Moutong, harus menjalani karantina.

Bupati Parigi Moutong Samsurizal Tombolotutu mengatakan secara umum kabupaten yang dipimpinnya masih aman dari korona. Namun, demi mengantisipasi dan berupaya untuk memutus mata rantai penyebaran virus tersebut, Pemkab mengeluarkan kebijakan tegas.

"Siapa saja yang mau datang ke Parigi Moutong wajib membawa identitas diri yang jelas. Kalau tidak kami akan karantina di gedung yang sudah kami siapkan," terang Samsurizal, Selasa (28/4).

Menurutnya, selaku Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Parigi Moutong, ia mengimbau kepada seluruh petugas, penanggung jawab pos terpadu perbatasan, dan seluruh masyarakat yang ada di wilayah Parigi Moutong serta warga luar daerah yang akan berkunjung ke Parigi Moutong untuk wajib mengikuti aturan yang Pemkab berlakukan.

"Kebijakan ini sudah kami mulai sejak Minggu, 26 April 2020. Jadi semua pintu masuk dibuka pukul 08.00 WITA dan ditutup pukul 17.00 WITA," ungkap Samsurizal.

Bagi masyarakat yang berurusan di Parigi Moutong dan tidak menginap agar menitipkan KTP kepada petugas perbatasan. Apabila masyarakat tersebut hingga pukul 17.00 WITA belum mengambil KTP, yang bersangkutan wajib masuk karantina. "Termasuk kalau tidak memiliki KTP dan mau masuk ke Parigi Moutong akan kami karantina juga," jelas Samsurizal.

Bagi masyarakat yang berkunjung dan menginap di wilayah Parigi Moutong, maka diwajibkan masyarakat tersebut mendapatkan surat sehat dari petugas pos yang dilewati dengan menyantumkan alamat tempat menginap yang jelas.

"Jadi kami berharap semua aturan itu diikuti oleh pengunjung yang mau ke Parigi Moutong. Jika tidak diikuti sanksinya jelas," tandas Samsurizal. (R-1)

BERITA TERKAIT