29 April 2020, 03:05 WIB

Suplai Pangan di Lebak Aman Selama Ramadan


Ant | Megapolitan

DINAS Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Lebak, Banten, menjamin persediaan pangan aman selama Ramadan 2020.

"Persediaan pangan selama Ramadhan melimpah," kata Kepala Disperindag Kabupaten Lebak H Dedi Rahmat saat menggelar inspeksi mendadak (sidak) di Pasar Rangkasbitung, Selasa. (28/4).

Pendistribusian kebutuhan bahan pokok ke sejumlah pasar tradisional di Kabupaten Lebak berjalan lancar, meski curah hujan cukup tinggi.

Selama ini, persediaan bahan pokok selama Ramadhan relatif aman dan mencukupi juga tidak terdampak pandemi virus korona.

Masyarakat juga tidak perlu khawatir akan terjadi kenaikkan harga-harga hingga Lebaran, karena berdasarkan hasil pemantauan persedian bahan pokok melimpah.

"Kami optimistis konsumsi kebutuhan selama Ramadhan hingga Lebaran terpenuhi dan harga stabil," jelasnya.

Menurut dia, saat ini, pasokan bahan pokok yang melimpah di antaranya beras, minyak goreng, gula, daging unggas, telur, daging sapi, terigu, sayur dan lainnya. Bahkan produksi beras surplus dari hasil produksi petani Kabupaten Lebak juga pengusaha distribusi stok bahan pokok memiliki persediaan cukup banyak.

Pemerintah daerah melibatkan Satgas Pangan juga Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPIDdalam ) mengoptimalkan pengawasan ke sejumlah perusahaan pemasok sembako guna mengatasi aksi penimbunan. Namun, pihaknya tidak menemukan adanya penimbunan bahan pokok tersebut.

Selain itu juga masyarakat diimbau tidak melakukan aksi borong yang bisa menimbulkan kelangkaan di pasaran hingga menimbulkan gejolak.

"Kami juga meminta pedagang tidak menaikkan harga seenaknya selama Ramadhan hingga Idulfitri 1441 H," katanya. (OL-8).

BERITA TERKAIT