29 April 2020, 02:00 WIB

Malaysia Izinkan Beberapa Sektor Beroperasi Hari Ini


Haufan Hasyim Selengke | Internasional

PEMERINTAH Malaysia telah mengizinkan perusahaan-perusahaan sektor ekonomi yang telah diizinkan untuk beroperasi selama Perintah Kontrol Gerakan (MCO) untuk melanjutkan operasi penuh mulai Rabu (29/4).

Menteri Perdagangan dan Industri Internasional, Mohamed Azmin Ali, mengatakan bagaimanapun perusahaan harus mematuhi prosedur operasi standar (SOP) yang telah ditetapkan sesuai dengan sektor masing-masing. "Ketika gagal mematuhi SOP akan mengakibatkan pencabutan segera izin beroperasi dan tindakan hukum akan diambil," ujarya dalam sebuah pernyataan, Selasa (28/4).

Mohamed Azmin mengatakan perusahaan-perusahaan yang telah diizinkan untuk beroperasi lebih awal tidak harus mengajukan permohonan kembali atas izin kementerian untuk beroperasi. “Inisiatif ini akan membantu mendorong pemulihan rantai pasokan untuk produk dan layanan untuk memenuhi permintaan lokal dan internasional, dan akan berdampak positif pada pendapatan perusahaan, terutama untuk usaha kecil dan menengah,” terangnya.

"Sementara pemerintah melonggarkan pembatasan, orang-orang dan pemilik industri harus beradaptasi dengan 'normal baru' dengan memastikan social distancing di tempat kerja, menjaga kebersihan pribadi yang baik dan mematuhi pedoman kontrol kesehatan," tandasnya. (Bernama/R-1)

 

BERITA TERKAIT