29 April 2020, 00:05 WIB

PM Prancis Larang Liga Dilanjutkan


Ant | Sepak Bola

LIGA Prancis musim 2019/20 dan berbagai ajang olahraga profesional lain di negara tersebut terancam dihentikan menyusul larangan dari Perdana Menteri Edouard Philippe pada Selasa.

"Musim 2019/20 olahraga profesional, khususnya sepak bola, tidak bisa dilanjutkan," kata PM Philippe di hadapan parlemen, Selasa (28/4).

PM Philippe juga menyatakan kendati karantina wilayah ketat selesai pada 11 Mei, kerumunan 10 orang atau lebih baik di dalam maupun luar ruangan tetap dilarang. Pantai-pantai ditutup untuk umum setidaknya hingga 1 Juni.

Pengumuman itu praktis membuat Liga Prancis kemungkinan besar bakal senasib dengan Eredivisie Liga Belanda yang dihentikan lebih awal lantaran larangan pemerintah.

UEFA, yang sebelumnya bersikap tegas agar kompetisi domestik harus dilanjutkan, kini cenderung lebih melonggarkan sikap. Kompetisi bisa tidak dirampungkan diminta pemerintah ataupun ancaman krisis finansial bagi klub.

Sebelum tertangguhkan karena pandemi korona, juara bertahan Paris Saint-Germain memimpin klasemen Liga Prancis dengan koleksi 68 poin unggul 12 poin atas Marseille di urutan kedua, dengan kompetisi menyisakan 10-11 pertandingan.

Sedangkan dua piala domestik, Piala Prancis dan Piala Liga Prancis, masih menyisakan partai final yang belum digelar. PSG berada di partai final kedua kompetisi itu, menghadapi AS Saint-Etienne di Piala Prancis dan Olympique Lyon di Piala Liga Prancis. (OL-8).

BERITA TERKAIT