29 April 2020, 02:50 WIB

Bantuan UEA Atasi Covid-19 di Indonesia


MI | Internasional

PEMERINTAH Uni Emirat Arab (UEA) telah memberikan bantuan alat-alat medis kepada pemerintah Indonesia. Bantuan tersebut
diberikan untuk mendukung pemerintah Indonesia dalam melawan pandemi virus korona baru atau covid-19.

Direktur Timur Tengah Kementerian Luar Negeri, Rizal Purnama, mengatakan bahwa di tengah masa sulit seperti saat ini, kerja
sama dan kolaborasi internasional tetap harus dilakukan. Pasalnya, kata dia, tidak ada satu negara pun yang dapat menghadapi covid-19 ini sendirian.

“Kita mendapatkan bantuan atau dukungan dari UEA berupa alat-alat medis. Pada saat yang sama, pesawat yang kembali ke UEA akan membawa buahbuahan segar dan sayursayuran dari petani dan UKM kita sehingga kita bisa memitigasi dampak ekonomi dan sosial dari covid-19 ini,” kata Rizal di Kantor Graha BNPB, Jakarta, yang disiarkan secara langsung melalui kanal Youtube BNPB, kemarin.

Hadir pada kesempatan tersebut, Duta Besar UEA untuk Indonesia, Abdulla Salem Obaid Salem Al Dhaheri, mengatakan bahwa bantuan medis seberat 20 ton yang diberikan UEA kepada Indonesia merupakan upaya UEA untuk mendukung negara-negara melawan wabah virus korona.

Sekjen Kementerian Kesehatan, Oscar Primadi, pun mengucapkan terima kasih kepada UEA atas bantuan tersebut. Menurutnya, bantuan tersebut menandakan adanya kepedulian dan perhatian terhadap pihak-pihak yang bekerja di bidang kesehatan.

“Ini jadi semangat kami untuk bersama-sama dan bersatu menghadapi masalah covid-19 ini,” katanya.

Sestama BNPB, Harmensyah, menambahkan bahwa bantuan yang diberikan UEA, yaitu 100 ribu alat pelindung diri (APD), 500 ribu sarung tangan, 50 ribu masker, 30 ribu sepatu, dan 20 ribu sanitizer.

“Atas nama pemerintah Indonesia dan gugus tugas, kami mengucapkan terima kasih. Semoga ke depan kerja sama yang baik antara pemerintah Indonesia dan UEA dapat berjalan dengan baik,” tandasnya. (Nur/X-11)


 

BERITA TERKAIT