28 April 2020, 21:47 WIB

Kementan Terapkan Kostra Tani untuk Siasati Wabah Covid-19


M. Iqbal Al Machmudi | Ekonomi

KEPALA Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Kementerian Pertanian (Kementan), Dedi Nursyamsi, menyebutkan banyak program yang dimiliki Kementan yang langsung berhubungan dengan petani.

Namun dengan kondisi wabah virus korona atau covid-19 saat ini, Dedi mengungkapkan banyak program yang dilakukan dengan memanfaatkan teknologi, untuk memperhatikan protokol kesehatan.

"Salah satunya yakni penyuluhan melalui online sistem yaitu Agri War Room maksudnya adalah perang ide pertanian dengan teknologi informasi setiap kantor balai pertanian kecamatan, kabupaten, dinas pertanian bahkan di provinsi dengan sarana IT," kata Dedi saat dihubungi, Selasa (28/4).

Untuk meningkatkan produktifitas pertanian dan peternakan di tengah pandemi, Kementan menjalankan program Sistem Komando Strategis Teknis Pertanian (Kostra Tani) meski melalui sistem online.

"Kostra Tani ada di balai-balai kecamatan yang dilengkapi sarana IT untuk memantau peningkatan produktifitas tanaman, ternak dan sebagainya. Selain itu proses tanam, pengendalian pasar juga ada di program ini caranya melalui online sistem," tuturnya.

Selain itu pelatihan pertanian bagi masyarakat masih tetap berjalan dengan memanfaatkan sistem online.

"Kalau pelatihan secara konvensional memang tak cocok kita menyesuaikan dengan adanya wabah ini. Jadi sekarang pelatihan online sistem," pungkasnya. (E-3)

BERITA TERKAIT