28 April 2020, 20:00 WIB

Waspadai Penipuan Web Phising saat Pandemi Korona


Cikwan Suwandi | Nusantara

KEPOLISIAN Resor (Polres) Karawang, Jawa Barat mengimbau warga untuk berhati-hati dan tidak ikut menyebarkan pesan web phising yang tersebar melalui pesan WhatsApp.

"Pesan phising melalui Whats App ditengah pandemi korona beredar. Jadi kami imbau agar masyarakat tidak untuk ikut menyebarkan atau bahkan mengklik web tersebut," kata Kasat Intelkam Polres Karawang Rizky Kurniawan, kepada Media Indonesia, Selasa (28/4).

Pesan berantai phising mengatasnamakan perusahaan untuk memberikan hadiah kepada warga tengah beredar. Seperti pesan phising mengatasnamakan perusahaan sepatu Adidas yang akan memberikan sepatu gratis jika membagikan web phising.

Kemudian web phising yang kini beredar di Whats App yang mengatasnamakan Alfa Mart yang akan menyumbangkan 6.000 kupon belanja.

"Bahayanya data anda akan masuk oleh pembuat web phising. Kemudian mereka yang berniat jahat akan memanfaatkan data anda. Jika dihubungkan melalui akun media sosial, akun anda bisa dibajak, dan dimanfaatkan untuk kejahatan," ungkapnya.

Sementara itu, PT Sumber Alfaria Trijaya, Tbk. sebagai pemilik jaringan toko Alfamart menyatakan bahwa perusahaan tidak mengadakan kuis atau kegiatan survey dengan imbalan hadiah seperti yang tertera di website/ situs berikut: 6.000 kupon gratis senilai Rp2.000.000 untuk membantu melawan Covid-19 dengan link  https://t.co/R8nJz1ubpQ

"Kami mohon masyarakat agar waspada terhadap pihak-pihak yang mengatasnamakan Alfamart dengan memberi iming-iming hadiah atau voucher belanja, karena situs tersebut tidak benar dan bukan dari situs resmi kami," ujar Nur Rachman, Corporate Communication GM Alfamart.

Perusahaan telah melaporkan melalui surat elektronik kepada Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika RI untuk memblokir situs tersebut dan menyatakan bahwa situs tersebut Hoax yang dapat merugikan dan menyesatkan masyarakat secara luas.

Konsumen diharapkan waspada apabila mendapatkan tawaran seperti di atas. Semua yang berkaitan dengan pemberian voucher atau promo oleh Alfamart hanya melalui situs resmi www.alfamartku.com,

akun media sosial facebook www.facebook.com/alfamartku, instagram www.instagram.com/afamart, twitter www.twitter.com/alfamart

Keluhan konsumen dan informasi promo dapat menghubungi Sahabat Alfamart di nomor telepon 1500959. (OL-13)

Baca Juga: Sudah 101 Perusahaan Ditutup Akibat Langgar PSBB Jakarta

Baca Juga: Terdampak Covid-19 Harga Cabai Merah Melorot di Brebes

 

BERITA TERKAIT