28 April 2020, 19:55 WIB

PSBB Hari Pertama Pintu Masuk Surabaya Macet Parah


Hery Susetyo | Nusantara

KEMACETAN panjang terjadi di pintu masuk Kota Surabaya, tepatnya di pos check point Bundaran Waru KabupatenSidoarjo saat penerapan hari pertama pembatasan sosial berskala besar (PSBB) wilayah Surabaya Raya, Selasa (28/4).

Bahkan kemacetan panjang ini terjadi sejak dari kawasanAloha Kecamatan Gedangan Kabupaten Sidoarjo. Panjangnya hingga mencapai sekitarlebih dari dua kilometer. Sementara dari arah Kabupaten Mojokerto, kemacetansudah terlihat di kawasan Medaeng Kecamatan Waru Kabupaten Sidoarjo.

Kemacetan sejak pukul 06.00 WIB hingga sekitar pukul10.00 WIB ini terjadi akibat tingginya volume kendaraan yang masih didominasikendaraan pribadi. Selain itu masih banyaknya warga belum mentaati aturan PSBBtersebut.

Saat pemeriksaan di pos check point Bundaran Warutersebut, petugas gabungan sebenarnya sudah melakukan pemisahan kendaraan platL dan W dengan nopol luar daerah. Semua pengendara kendaraan bernopol selain Ldan W, yang masuk Kota Surabaya harus menunjukkan KTP Surabaya atau suratketerangan kerja.

"Yang tidak bisa menunjukkan satu di antara item tersebutakan kami minta untuk kembali atau memutar balik," kata Dirlantas Polda Jatim KombesBudi Indra Dermawan.

Menurut Budi, saat ini pihaknya masih melakukan sosialisasidan himbauan agar warga mentaati aturan PSBB. Namun pada 1 hingga 11 Mei nantisudah dilakukan penerapan sanksi bagi pelanggar. Budi mengingatkan pada wargabahwa mereka yang melanggar aturan PSBB akan terekam atau tercatat baik dikepolisian maupun pemerintah daerah.

"Sanksinya, saat dia melakukan perizinan atau pelayanan publikharus menyelesaikan dulu secara administratif pelanggaran PSBB ini," tegasBudi.

Maka dia berharap agar masyarakat mau bekerja sama untukmentaati aturan PSBB agar bisa memutus penyebaran covid-19. (OL-13)

Baca Juga: PPDB SLTA di Jateng Pasti Dilakukan secara Daring

Baca Juga: Terdampak Covid-19 Harga Cabai Merah Melorot di Brebes

BERITA TERKAIT