28 April 2020, 18:08 WIB

Di Jaksel, Tunawisma Ditempatkan di GOR Pasar Minggu


Insi Nantika Jelita | Megapolitan

SELAMA pembatasan sosial berskala besar (PSBB), sebagian Gelanggang Olah Raga (GOR) di Jakarta dijadikan tempat penampungan sementara tunawisma atau mereka yang termasuk dalam Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS). Salah satunya adalah GOR Pasar Minggu yang terletak di Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

"Iya di GOR Pasar Minggu. Ini baru mulai (digunakan)," ungkap Kepala Suku Dinas Jakarta Selatan Djafar Muchlisin saat dihubungi, Jakarta, Selasa (28/4).

Baca juga: Anies Prediksi PSBB di Jakarta Bisa Berakhir 2 Pekan lagi

Djafar mengatakan para tunawisma didapati petugas keamanan sedang tidur atau berkerumun di sekitar Pasar Minggu dan Kemang.

"Kami sama Satpol PP, Dinas Kesehatan, Dinas Pemuda dan Olahraga (merazia) ke lokasi," kata Djafar.

Nantinya, selama di GOR mereka mendapatkan layanan kebutuhan seperti makanan, cek kesehatan, dan lainnya. PMKS yang memiliki rumah dan keluarga dipulangkan setelah menandatangani pernyataan di atas meterai untuk tidak kembali ke jalan.

Sebelumnya, Kepala Suku Dinas Sosial (Kasudinsos) Jakarta Pusat Ngapuli Parangin Angin menegaskan, tunawisma terancam dikenakan sanksi apabila masih bersikeras tidur di pinggir jalan selama pembatasan sosial berskala besar (PSBB).

Hal ini terkait soal penertiban puluhan tunawisma di emperan Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat, oleh Satpol PP.

"Mereka kan sudah dipulangkan, dengan catatan kita berikan surat perjanjian tidak akan kembali ke jalan. Kalau kembali ke jalan kita sudah kasih shock therapy. Peindakannya dari kepolisian dan Satpol PP," ujar Ngapuli saat dihubungi, Jakarta, Senin (27/4). (OL-6)

BERITA TERKAIT