28 April 2020, 18:07 WIB

Anies Ajak Pengusaha Bantu 2.000 RW di Jakarta


Cindy Ang | Megapolitan

GUBERNUR DKI Jakarta Anies Baswedan mengajak para pengusaha perusahaan multinasional dan asosiasi bisnis untuk membantu memerangi virus korona (covid-19).

Dia menyebut ada dua ribu Rukun Warga (RW) terdampak covid-19 membutuhkan bantuan.

"Kita punya 2.000 dusun atau RW, panti asuhan, asrama sekolah, rumah perawatan penyandang disabilitas, dan juga kelompok-kelompok lain untuk di-support," kata Anies lewat teleconference dengan 129 perusahaan multinasional dan asosiasi bisnis di akun Youtube Pemprov DKI, Selasa (28/4).

Baca juga: Anies Prediksi PSBB di Jakarta Bisa Berakhir 2 Pekan lagi

Anies mengatakan setelah penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) aktif diberlakukan, ekonomi warga menjadi taruhannya. Tantangan saat ini, kata dia, memastikan warga terdampak mendapatkan bantuan sesuai proporsi.

"Adapula kelompok orang yang membutuhkan suplai makanan pokok. Yaitu para pekerja buruh, pekerja informal, pengemudi ojek, freelancer, UMKM, dan tentu saja, kita juga punya pekerja migran," ujar Anies.

Baca juga: Tren Penurunan Kematian Akibat Covid-19 di Spanyol Terus Berlanju

Para pengusaha yang ingin memberikan bantuan bisa mengakses situs https://corona.jakarta.go.id/id/kolaborasi-sosial-berskala-besar. Nantinya, mereka yang ingin memberi bantuan bisa memilih area dan berapa banyak orang yang ingin dibantu.

"Anda bisa memilih, apakah anda mau mendukung dusun, sekolah, asrama, atau panti asuhan. Jika memilih untuk mendukung sebuah dusun, anda klik pada area, bisa pada area dekat anda tinggal, atau di mana perusahaan Anda beroperasi," terang Anies.

Setelah memilih area, pemberi bantuan bisa melihat data keluarga miskin yang ada di area tersebut. Berikut pilihan paket bantuan yang ingin diberikan.

"Ini adalah beberapa paket bantuan yang telah kita kerjakan bersama dengan para agensi amal tersebut. Dua pertama dari sebelah kiri, adalah paket makanan untuk tujuh hari, makanan siap santap, Rp45 ribu/orang/hari. Lalu ada juga paket makanan pokok, paket kedua Rp 200 ribu /keluarga/pekan," ucap Anies sembari menunjukkan tabel data paket.

"Daripada kita sebagai pemerintah yang mengumpulkan dan mendistribusikan bantuan, kita mengundang pihak ketiga untuk memberikan dukungan secara langsung kepada orang-orang ini. Melalui program Kolaborasi Sosial Berskala Besar," imbuh Anies. (X-15)

BERITA TERKAIT