28 April 2020, 17:25 WIB

Rawan Kriminalitas, DPRD Minta DKI Tingkatkan Pengamanan


Insi Nantika Jelita | Megapolitan

Imbas dari warga yang kena pemutusan hubungan kerja atau tempat usaha yang tutup, tidak hanya berdampak pada peningkatan angka pengangguran saja.

Ketua Komisi E DPRD DKI Jakarta, Iman Satria menyoroti saat ini tingkat kriminalitas perlu menjadi perhatian khusus oleh Pemerintah Provinsi (pemprov) DKI Jakarta

"Bukan hanya tunawisma saja yang jadi concern DKI, tapi kriminalitas juga dipikirkan yang banyak terjadi di minimarket, lokasi dekat mesin ATM. Jangan sampai warga menjadi resah," jelas Iman, Jakarta, Selasa (28/4).

Iman menyebut petugas Satpol PP bersama Dinas Perhubungan, kepolisian, TNI dan bahkan pihak RW harus bersinergi menjaga keamanan warga. Ia juga menyoroti kasus kriminalitas yang dilakukan oleh residivis yang dikeluarkan.

Baca juga: Hari Pertama Kerja, Wali Kota Bogor Bima Arya Ganti 6 Kadis

"Kalau di minimarket itu minta kerja samanya dengan wilayah setempat supaya saling jaga. Kondisi sekarang ada orang yang enggak punya pekerjaan karena PHK, lama-lama bisa bertindak kriminal karena urusan perut," terang politikus Gerindra itu.

Tingkat kejahatan yang menjadi sorotan kepolisian adalah pencurian dengan kekerasan dan  pencurian dengan pemberatan yang menyasar minimarket selama Ramadan.

"Semua pihak keamanan mesti diperdayakan, bahu membahu menjaga keamanan. Masalah ini enggak bisa dipegang sendiri," pungkas Iman. (OL-14)

 

BERITA TERKAIT