28 April 2020, 16:46 WIB

DPR Minta Kemenperin Siapkan Skenario Pemulihan Pascacovid-19


Hilda Julaika | Ekonomi

WAKIL Ketua Komisi VI DPR RI Aria Bima meminta Kementerian Perindustrian menyiapkan skenario pemulihan ekonomi usai pandemi Covid-19. Baik dalam jangka pendek, menengah, dan panjang. Pasalnya menurut Aria, pandemi ini belum bisa diprediksi dengan pasti kapan akan berakhir.

“Kalau ini berdampak ringan, hanya sampai Mei-Juni. Kalau itu sampai berdampak menengah misalnya sampai September, Kemenperin akan melakukan apa. Dan bagaimana kalau itu bisa mencapai situasi yang berat mungkin bisa sampai Desember atau 2021,” tanya Aria pada saar Rapat Dengar Pendapat (RDP) Komisi VI DPR RI, Selasa (28/4).

Menurutnya, perlu ada skenario-skenario yang didasarkan pada pemetaan Kemenperin. Termasuk pemetaan berbagai persoalan yang mungkin terjadi karena adanya kondisi yang sangat kritis

“Harus ada skenario-skenario ini berdasarkan pemetaan Kemenperin yang tentunya tidak usah menutup berbagai persoalan yang kemungkinan terjadi pada saat kondisi sangat kritis,” tambahnya.

Baca juga : Ingin Pulihkan Ekonomi, Indonesia Belajar dari Tiongkok

DPR menginginkan Kemenperin terbuka perihal dampak dari pandemi terhadap keadaan industri. Baik dalam skala besar, menengah, sampai kecil. Lalu bagaimana cara Kemenperin mengatasinya.

Termasuk perihal industri mana yang ingin dibangun menggunakan bahan baku 100% dari dalam negeri. Meskipun secara kualitas mungkin masih di bawah produk impor. Namun, Kemenperin perlu untuk mengejar ini. Untuk menyikapi narasi kemandirian ekonomi di masa mendatang.

“Bagaimana bahan baku impor, bagaimana dengan TKDN kita yang sudah lama diberlakukan. Saya pingin apakah Kemenperin memiliki visi ini terkait sektor yang ingin dibangun untuk menggunakan 100% menggunakan bahan baku dalam negeri,” tandasnya. (OL-7)

BERITA TERKAIT