28 April 2020, 16:40 WIB

Pabrik Daihatsu Kembali Buka, Apindo: Tak Jamin Perbaikan Ekspor


Hilda Julaika | Ekonomi

PABRIK milik PT Astra Daihatsu Motor (ADM) per 27 April 2020 telah membuka kembali operasional pabriknya. Setelah melakukan penghentian produksi sejak 10-24 April. Perusahaan ini mulai beroperasi untuk memenuhi permintaan ekspor.

Meski begitu, menurut Wakil Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Shinta Kamdani, beroperasinya salah satu perusahaan ini tak menjamin perbaikan ekspor maupun ekonomi. Hal ini disebabkan masih banyak perusahaan lain yang mengalami penurunan produksi secara signifikan.

Baca juga: Airlangga : Stok Beras di Beberapa Daerah Terbatas

“Ini hanya contoh satu perusahaan yang sudah bisa ekspor tapi masih banyak perusahaan lain yang ada penurunan yang signfikan jadi kita tidak bisa melihat perbaikan pada saat ini,” ujar Shinta pada Media Indonesia, Selasa (28/4).

Menurut Shinta, di situasi pandemi Covid-19 ini sulit untuk bisa memprediksi perbaikan dunia usaha. Hal yang perlu ditekankan adalah penurunan kasus Covid-19 secara masif baru bisa berdampak terhadap perbaikan dunia usaha dan ekonomi secara keseluruhan.

“Kita (dunia usaha) harus bertahan dulu saat ini agar penurunan kasus Covid-19 bisa terjadi dan virus bisa dihentikan,” tandasnya. (OL-6)

BERITA TERKAIT