28 April 2020, 16:15 WIB

26 Tenaga Medis Dinyatakan Sembuh


Haryanto Mega | Nusantara

Beberapa waktu lalu diberitakan ada 34 tenaga medis di RSUP Kariadi Semarang dinyatakan positif covid-19. Bagaimana kabar mereka sekarang?

Setelah menjalani masa karantina di Hotel Kesambi Hijau Semarang, sebanyak 26 tenaga medis dinyatakan sembuh. Kabar kesembuhan mereka disampaikan langsung oleh akun media sosial RSUP Kariadi Semarang.

Di akun itu disebutkan bahwa 26 tenaga medis telah dinyatakan negatif covid-19 dan boleh pulang. Sementara 8 tenaga media sisanya masih menunggu proses.

Kabar itu tentu saja membuat senang banyak orang, termasuk Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Ditemui usai rapat dengan perwakilan buruh di kantornya, Ganjar bersyukur dengan kabar tersebut.

Baca juga: Siasati Mudik dengan Naik Truk Carteran, Ganjar: Itu Bahaya

"Alhamdulillah kemarin beberapa kawan-kawan yang di Kesambi itu kontak saya. Dia kirim foto dan say hello sambil mengucapkan terima kasih. Saya senang mereka bisa sembuh dan bisa membuat semangat lagi bagi yang lainnya," kata Ganjar, Selasa (28/4).

Menurut Ganjar, ada dua hal yang mempercepat kesembuhan mereka. Pertama adalah karena mereka yang dikarantina di hotel Kesambi itu adalah tenaga medis sehingga mengetahui protokol kesehatan. Kedua adalah dukungan penuh dari masyarakat juga menjadi faktor utama cepatnya pemulihan mereka.

Masyarakat yang ada di sekitar hotel dan masyarakat Kota Semarang pada umumnya, bahu membahu untuk memberikan dukungan pada tenaga medis.

"Ada yang mengirim vitamin, buah-buahan. Lalu, ada yang membantu jaringan agar mereka bisa menggunakan alat virtualnya lebih baik, sehingga mereka bisa tetap mengajar atau melakukan aktivitas lainnya. Bantuan dan dukungan itu membuat para tenaga medis ini happy dalam menjalani masa karantina. Hebat mereka. Kami senang dan bangga dengan kabar ini," pungkasnya. (OL-14)

 

BERITA TERKAIT