28 April 2020, 15:55 WIB

Akibat Pandemi, Ada Bioskop 'Drive-in' di Florida


Nur Aivanni | Internasional

SEJAK Amerika Serikat menutup gedung bioskop pada Maret untuk menghentikan penyebaran pandemi virus korona, muncul bioskop drive-in kecil di Florida yang mengingatkan kembali ke kehidupan pada tahun 1950-an.

"Klise lama bahwa 'pertunjukan harus berlanjut' bukanlah klise. Itu adalah cara hidup kami," kata John Watzke, pemilik Ocala Drive-In di kota Ocala, Florida, seperti dikutip dari Channel News Asia, Selasa (28/4).

Baca juga: 151 Dokter di Italia Meninggal Dunia karena Covid-19

Dia mengatakan bahwa itu adalah salah satu dari hanya 11 yang masih beroperasi di seluruh negara selama penguncian wilayah atau lockdown.

Bioskop drive-in menghidupkan kembali kenangan tempo dulu dimana penonton film akan memarkir mobil mereka di depan layar besar dan memesan minuman dan popcorn yang akan datang ke jendela mobil mereka.

"Kami membantu orang. Semua orang terkurung. Jadi ini adalah kesempatan bagi beberapa orang untuk keluar," kata kasir Jeff Mellott.

Para penonton, banyak dari mereka mengenakan masker, memarkir mobil mereka di lapangan terbuka untuk menonton film saat malam tiba.

"Semua orang menjaga jarak, pelanggan di luar semua diparkir terpisah 12 atau 14 kaki (3,6 m hingga 4 m)," kata Watzke.

Dari empat film yang diputar pada akhir pekan, dua sudah memulai debutnya secara online dalam beberapa minggu terakhir, Trolls: World Tour and Resistance.

Karena penonton berada di mobil mereka sendiri selama pertunjukan, itu berarti menghindari pertemuan lebih dari 10 orang, maka bisnis Watzke diizinkan untuk tetap buka.

Hansel Sanchez berkendara hampir dua jam dari Sanford, kota lain di Florida hanya untuk bisa keluar dari rumah.

"Anak perempuan saya tidak pernah ke (bioskop) drive-in. Istri saya juga tidak. Jadi itu sesuatu yang baik untuk dilakukan," katanya kepada AFP.

Di dunia yang serba online saat ini, bioskop drive-in sudah tidak ada lagi. Pandemi kemudian memunculkan kembali layanan bioskop drive-in tersebut.

United Drive-in Theatre Owners Association (UDITOA) memperkirakan bahwa saat ini ada 305 bisnis yang memenuhi syarat sebagai drive-in di Amerika Serikat, di mana sebelumnya pernah ada ribuan.

The Los Angeles Times melaporkan bahwa bioskop drive-in lainnya di California, Kansas, Oklahoma, dan Missouri juga mengalami peningkatan dalam penjualan tiket. (CNA/OL-6))

BERITA TERKAIT