28 April 2020, 13:54 WIB

Cegah Kerumunan, Anies Minta Warga tidak Bersedekah di Jalanan


Cindy Ang | Megapolitan

GUBERNUR DKI Jakarta Anies Baswedan mengungkapkan sudah ada 55 orang yang diangkat ke Gelanggang Olahraga (GOR) Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Melalui kanal Youtube Pemprov DKI, Jakarta, Selasa (28/4), menjelaskan mereka menjalani pemeriksaan Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan alasan mereka berkerumun.

Baca juga: PSBB Jilid II, Anies Pastikan Warga Berkerumun akan Diangkut

Anies merinci sebanyak 55 orang ditahan di GOR Tanah Abang. Mereka terdiri dari 15 orang memiliki KTP Jakarta sedangkan 40 orang lainnya bukan KTP Jakarta.

"Di Jakarta setiap Ramadan begitu banyak dermawan senang bersedekah. Rutin. Jumlahnya banyak. Itu membuat banyak masyarakat ingin menjemput. Saya imbau bersedekah dilakukan lewat jalur berbeda tahun ini," kata Anies.

Baca juga: Kasus Kematian Akibat Covid-19 Bertambah Jadi 14

Anies meminta warga yang ingin bersedekah tidak membagikannya di jalan. Sebab risiko penularan virus korona (covid-19) cukup besar bila berkerumun.

Dia mengimbau para dermawan yang ingin bersedekah untuk menggunakan badan amal zakat untuk membagikan sedekah tersebut. "Jangan membagikan sendiri di pinggir jalan. Karena ini merangsang orang berkerumun menunggu pembagian," imbau Anies. (X-15)

BERITA TERKAIT