28 April 2020, 13:25 WIB

Donald Trump Berharap Kim Jong-un dalam Kondisi Baik


Deri Dahuri | Internasional

PEMIMPIN Korea Utara (Korut) Kim Jong-un tiba-tiba tak muncul di depan saat perayaan besar di negaranya. Berbagai spekulasi pun bermunculan dari kondisi kesehatannya mengkhawatirkan hingga berita hoaks bahwa Kim Jong-un kemungkinan telah meninggal.

Terkait kondisi Kim, pada Senin (27/4) waktu setempat, Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump memuji kinerja Kim yang memiliki gagasan yang bagus. Trump juga berharap Kim dalam kondisi baik setelah beberapa hari sebelumnya dilaporkan kondisi kesehatan Kim memburuk.

Keberadaan Kim termasuk kondisi kesehatan jantungnya masih sejauh masih jadi bahan spekulasi dalam dua pekan terakhir. Daily NK, situs berita yang berbasis di Seoul, Korea Selatan (Korsel), mengutip dari sumber anonim di Korut dan melaporkan pekan lalu bahwa Kim telah pulih setelah menjalani prosedur kardiovaskular pada 12 April 2020.

Sebuah kereta khusus yang mungkin dinaiki Kim terlihat pekan lalu di kota peristirahatan Wonsan di Korut. Hal tersebut berdasarkan gambar satelit yang dikendalikan oleh  38 Utara, sebuah proyek pemantauan Korea Utara yang berbasis di Washington, AS.

"Aku tidak bisa mengatakan secara pasti," kata Trump ketika ditanya tentang kondisi Kim di konferensi pers Gedung Putih. "Ya, aku punya ide yang sangat bagus, tapi aku tidak bisa membahasnya sekarang. Aku hanya berharap dia baik-baik saja."

Trump berharap misteri kondisi Kim dapat segera diketahui. "Saya harap dia baik-baik saja. Saya tahu bagaimana dia berbicara secara relatif. Kita akan melihat - Anda mungkin akan mendengar dalam waktu yang tidak terlalu jauh," kata Trump. (AFP/Alarabiya/OL-09)

BERITA TERKAIT