28 April 2020, 13:16 WIB

Pengungsian Korban Banjir di Jakarta Terapkan Social Distancing


Putri Anisa Yuliani | Megapolitan

PEMERINTAH Provinsi DKI Jakarta tetap menerapkan social distancing untuk mencegah penularan virus korona atau covid-19 di mana saja. Termasuk, di lokasi-lokasi pengungsian bencana.

Saat ini menurut data terbaru Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) terdapat 20 orang warga yang mengungsi di Kelurahan Kembangan Utara, Jakarta Barat, karena rumah mereka tergenang banjir.

Satpel Sistem Informasi UPT Pusat Data dan Informasi Kebencanaan BPBD DKI Jakarta R Aju Eko Suprapti mengatakan protokol kesehatan tetap diterapkan di lokasi pengungsian termasuk social distancing.

Baca juga: Kasus Positif Covid-19 Purbalingga Bertambah 5 dari Klaster Gowa

"Social distancing tetap dijaga di lokasi pengungsian dengan membuat jarak 1 meter antar individu kecuali ibu bersama balita," kata Aju saat dihubungi Media Indonesia, Selasa (28/4).

Petugas BPBD maupun kelurahan serta pengungsi yang berada di pengungsian diwajibkan menggunakan masker dan tidak sembarangan menyentuh wajah.

Baca juga: Dari 1.674, 662 Pasien Korona Sudah Keluar dari Wisma Atlet

"Lokasi pengungsian juga disempron dengan disinfektan. Selain itu juga disediakan lokasi cuci tangan serta hand sanitizer," ungkapnya.

Logistik konsumsi diberikan oleh petugas secara rutin sesuai kebutuhan pengungsi. Bila ada pengungsi yang mengalami gejala covid-19 petugas akan segera melakukan tindakan.

"Petugas Dinas Kesehatan maupun Suku Dinas Kesehatan juga dilibatkan di pengungsian. Bila ada pengungsi yang mengalami gejala mengarah covid-19 akan dirujuk ke puskesmas kecamatan dan RS rujukan khusus covid-19," tegasnya.

Akibat hujan deras yang mengguyur Jakarta, Senin (27/4), sejumlah wilayah tergenang banjir terutama di wilayah Kelurahan Kembangan Utara, Jakarta Barat. Banjir disebabkan hujan yang lebat serta luapan Kali Pesanggrahan.(X-15)

BERITA TERKAIT