28 April 2020, 08:15 WIB

Menjaga dan Merawat Kuliner Khas Nusantara


Mediaindonesia.com | Humaniora

SEBAGAI negara kepulauan yang memiliki beragam suku, Indonesia tentu saja mempunyai aneka kuliner yang melimpah. Nasi goreng merupakan salah satu dari sekian ragam kuliner Indonesia yang digemari oleh masyarakat.

Hampir setiap kota memiliki penjual nasi goreng dengan bumbu dan ciri khas  tersendiri. Masakan sederhana yang terkenal dari Sabang sampai Merauke ini memang tidak diragukan lagi kelezatannya.

Baca juga: Jakpro Pastikan Sentra Kuliner di Muara Karang Tetap Dominan RTH

Meskipun sederhana dan hanya berbasis nasi ditumis dengan bumbu khas Indonesia, nasi goreng selalu dicari oleh para pecinta kuliner domestik maupun mancanegara. Ragam nasi goreng di Indonesia dan bumbu rempahnya yang khas membuat nasi goreng menjadi menu yang disukai siapa saja. Bahkan,  keanekaragaman nasi goreng nusantara tersebar dari mulai nasi goreng kaki lima sampai nasi goreng spesial berstandar hotel bintang lima.

Untuk pertama kalinya, Sasa, produsen bumbu masak legendaris Indonesia dari PT Sasa Inti yang telah dikenal dekat di setiap keluarga Indonesia, kini hadir untuk mendeklarasikan Hari Nasi Goreng Nasional pada 22 April. Dalam kesempatan itu Sasa mengajak seluruh ibu di Indonesia untuk mengapresiasi diri mereka dengan menghadirkan Sasa Bumbu Nasi Goreng.

“Nasi Goreng merupakan warisan kuliner yang sangat kental dengan budaya Indonesia, karena setiap daerah di Indonesia selalu punya ciri khasnya masing-masing. Nasi Goreng sangat digemari oleh seluruh masyarakat Indonesia karena cara pembuatan yang mudah, tergolong terjangkau dan juga cocok dijadikan santapan kapanpun," ungkap Marsha Violita selaku Product Manager PT Sasa Inti.

"Berangkat dari ide itulah kami mengangkat tema Hari Nasi Goreng Nasional, mengajak masyarakat untuk merayakan Nasi Goreng sambil sekaligus mengapresiasi dan meringankan pekerjaan ibu-ibu dirumah, karena adanya Sasa Bumbu Nasi Goreng yang sangat praktis."

"Di sinilah juga, Sasa mendeklarasikan Hari Nasi Goreng Nasional sebagai sebuah gerakan untuk mengajak seluruh anggota keluarga di seluruh  Indonesia sekaligus mengapresiasi peran para ibu," cetusnya.

Seorang ibu, kata dia,  tidak bisa dianggap remeh perannya karena sosok ibu harus memikul beban dan tanggung jawab yang berat. Seorang ibu dituntut harus bisa mengurus semua urusan rumah tangga dari yang terkecil sampai yang terbesar sekalipun. Bahkan, banyak para ibu juga harus mencari nafkah untuk seluruh anggota keluarganya.

"Oleh karena itu, kami mengajak masyarakat Indonesia untuk memberikan apresiasi yang tinggi untuk pada para ibu hebat di Tanah Air di tengah kondisi self quarantine yang tidak menentu seperti ini," cetusnya.  (RO/A-1)

 

BERITA TERKAIT