28 April 2020, 11:55 WIB

Jakarta Banjir, Dinas SDA: Saluran Menyempit Perlu Dinormalisasi


Putri Anisa Yuliani | Megapolitan

Beberapa wilayah di Jakarta terutama wilayah Kembangan, Jakarta Barat tergenang banjir Senin (27/4) malam hingga pagi ini. Banjir menggenangi permukiman warga karena hujan dengan intensitas lebat.

Beberapa titik yang tergenang, antara lain Jalan Metro Pondok Indah dan Jalan TB Simatupang di Jakarta Selatan.

Kepala Dinas Sumber Daya Air DKI Jakarta Juaini Yusuf mengatakan pihaknya sudah menerjunkan satuan tugas (satgas) Dinas SDA ke lokasi-lokasi yang tergenang banjir akibat hujan lebat kemarin.

"Untuk daerah Pondok Indah memang ada luapan Kali Pesanggrahan. Kita sudah terjunkan satgas di berbagai lokasi," kata Juaini, Selasa (28/4).

Baca juga: 65 Warga Mengungsi Akibat Banjir di Kembangan Utara

Ia mengungkapkan beberapa titik banjir karena ada saluran yang menyempit. Selain itu, ada pula wilayah yang terletak di daerah aliran sungai (DAS) Kali Pesanggrahan yang belum dinormalisasi, sehingga tergenang luapan kali tersebut.

"Memang di lokasi Kali Pesanggrahan ada beberapa tempat yang menyempit. Jadi, perlu dinormalisasi," ungkap Juaini.

Sementara itu, saat ini pihaknya masih melakukan inventarisir terhadap lokasi-lokasi yang akan masuk rencana normalisasi kali. Kegiatan ini sedikit terhambat karena adanya wabah covid-19.

Di sisi lain untuk penanganan sementara, Dinas SDA melakukan pengerukan untuk mengurangi sedimentasi kali, sehingga daya tampung kali lebih maksimal.

Sebelumnya, hujan dengan intensitas lebat mengguyur Jakarta kemarin. Akibatnya beberapa wilayah tergenang banjir setinggi 30 cm-50 cm. (OL-14)

BERITA TERKAIT