28 April 2020, 11:47 WIB

Trump Berulang Kali Diperingatkan Soal Covid-19 Sejak Januari


Basuki Eka Purnama | Internasional

PRESIDEN Amerika Serikat (AS) Donald Trump telah diperingatkan berulang kali mengenai bahaya covid-19 dalam berbagai briefing intelejen pada Januari dan Februari. Hal itu dilaporkan surat kabar The Washington Post, Senin (27/4).

Peringatan yang disampaikan lebih dari sepuluh kali dalam briefing bertajuk Briefing Harian Presiden terjadi saat Trump berulang kali meremehkan virus korona tersebut.

Washington Post yang mengutip sejumlah pejabat dan mantan pejabat AS yang tidak disebutkan namanya mengatakan peringatan itu dicantumkan dalam laporan harian mengenai berbagai isu penting dunia.

Baca juga: Gubernur California Kecam Warga yang Penuhi Pantai

Selama berminggu-minggu, Briefing Harian Presiden melacak penyebaran virus dan menyebut Tiongkok menyembunyikan keparahan dan mudahnya penyebaran virus itu. Briefing itu juga menyebut betapa menakutkannya konsekuensi politik dan ekonomi virus tersebut.

Trump, yang disebut pejabat AS jarang membaca briefing tertulis dan menganggap remeh laporan oral, gagal mengambil langkah yang tepat untuk mengatasi pandemi itu.

Meski memutuskan menyetop penerbangan dari dan ke AS dari Tiongkok pada akhir Januari, Trump menghabiskan bulan berikutnya menganggap remeh ancaman virus itu.

Trump tidak menyatakan status darurat hingga 13 Maret saat pasar saham rontok dan kasus covid-19 meroket di New York.

Hingga Senin (27/4) malam, AS mencatatkan rekor kematian akibat covid-19 sebanyak 56.144 dengan jumlah kasus positif 988.197. (AFP/OL-1)

BERITA TERKAIT