28 April 2020, 08:50 WIB

Sejumlah Titik Tergenang Akibat Hujan Deras Kemarin


Putri Anisa Yuliani | Megapolitan

SEJUMLAH titik di Jakarta tergenang banjir setinggi antara 30 cm hingga 50 cm akibat hujan deras yang mengguyur, Senin (27/4) sore.

Menurut Kepala Pusat Data Informasi Kebencanaan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) M Insyaf, wilayah yang tergenang yakni Kelurahan Kembangan Utara 1 RW dengan ketinggian air 20 cm, Kelurahan Kembangan Selatan 1 RW ketinggian air 40 cm-60 cm, Kelurahan Kedoya Selatan 2 RW dengan ketinggian air 30 cm-50 cm, dan Kelurahan Rawa Buaya 1 RW ketinggian air 20 cm.

"Rata-rata terjadi genangan akibat hujan yang cukup deras serta luapan Kali Pesanggrahan," kata Insyaf saat dikonfirmasi, Selasa (28/4).

Baca juga: Lanjutkan Kasus Nasi Anjing, Polisi Tunggu Hasil Lab BPOM

Sebelumnya, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) telah memberikan peringatan akan adanya cuaca ekstrem yakni hujan lebat yang mengguyur beberapa wilayah di Indonesia termasuk Jakarta.

Hal itu terjadi akibat kondisi dinamika atmosfer yang tidak stabil di wilayah Indonesia yang dapat terjadi beberapa hari ke depan serta meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di beberapa wilayah Indonesia.

Kondisi tersebut dipicu oleh aktifnya fenomena Madden Julian Oscillation (MJO) dan sirkulasi siklonik di sekitar Laut Jawa bagian barat serta di perairan utara Maluku dan Papua Barat yang membentuk daerah belokan dan pertemuan angin (konvergensi). (OL-1)

BERITA TERKAIT