28 April 2020, 08:26 WIB

AS akan Minta Ganti Rugi pada Tiongkok Terkait Pandemi Covid-19


Basuki Eka Purnama | Internasional

PRESIDEN Amerika Serikat (AS) Donald Trump, Senin (27/4), mengatakan dirinya berencana meminta ganti rugi dari Tiongkok terkait pandemi covid-19 yang berawal dari Kota Wuhan sebelum menyebar ke seluruh dunia.

"Kami kecewa dengan Tiongkok," ujar Trump dalam briefing di Gedung Putih. "Kami kecewa karena masalah ini, menurut kami, bisa dihentikan sejak awal di sumbernya."

"Masalah ini bisa dihentikan dengan segera sehingga tidak menyebar ke seluruh dunia."

"Ada banyak cara untuk memastikan mereka bertanggung jawab. Kami tengah melakukan penyelidikan serius mengenai hal itu," imbuhnya.

Baca juga: Trump Tegaskan tidak Pernah Pertimbangkan Tunda Pemilu

Trump ditanyai mengenai sebuah artikel di surat kabar Jerman yang meminta Tiongkok membayar ganti rugi sebesar US$165 miliar kepada pemerintah Jerman terkait kerugian akibat pandemi covid-19.

Ketika ditanya apakah AS akan melakukan hal serupa, Trump menjawab, "Kami akan melakukan lebih dari itu.

"Jerman melakukan apa yang bisa mereka lakukan dan kami akan melakukan apa yang bisa kami lakukan. AS akan menuntut lebih banyak uang dibandingkan yang diminta Jerman."

"Kami belum menentukan angka terakhirnya namun jumlahnya akan sangat besar," tegasnya.

Di AS, tercatat ada lebih dari 55 ribu kematian akibat covid-19. Pandemi itu juga memukul perekonomian AS dan menyebabkan puluhan juta orang menganggur. (AFP/OL-1)

 

BERITA TERKAIT