28 April 2020, 11:45 WIB

Gubernur California Kecam Warga yang Penuhi Pantai


Basuki Eka Purnama | Internasional

GUBERNUR California Gavin Newsom, Senin (27/4), mengecam warganya yang menyerbu pantai pada akhir pekan lalu. Dia menyebut perilaku itu bisa mementahkan kemajuan yang mereka capai dalam memerangi pandemi covid-19.

"Kita tidak bisa melihat lagi apa yang terjadi pada Sabtu (25/4) di Pantai Newport atau di tempat lain," ujar Newsom mengacu pada foto yang memperlihatkan ribuan orang memadati sejumlah pantai di selatan California.

"Virus ini tidak libur hanya karena cuaca cerah di pantai wilayah kita," imbuhnya.

Baca juga: Kasus Covid-19 Capai 3 Juta di Seluruh Dunia

Foto yang memperlihatkan warga memenuhi Pantai Newport dan Pantai Huntington telah memancing kemarahan warga yang membandingkan foto itu dengan foto yang diambil pada April lalu di Florida yang memicu tagar #FloridaMorons.

Newsom mengatakan saat negara bagian dengan penduduk terpadat di Amerika Serikat (AS) itu di ambang melonggarkan aturan lockdown, aksi pada akhir pekan itu membuat rencana itu diurungkan.

"Hal yang bisa memundurkan target kita adalah perilaku kita sendiri," ujar Newsom.

California telah membukukan hampir 45 ribu kasus covid-19 dengan 1.753 kematian, jumlah yang dianggap tidak terlalu banyak mengingat populasi negara bagian itu. (AFP/OL-1)

BERITA TERKAIT