28 April 2020, 07:32 WIB

PDP Mengidap TB dan Pneumonia Meninggal di Kupang


Palce Amalo | Nusantara

SEORANG Pasien Dalam Pengawasan (PDP) meninggal dalam perawatan di Rumah Sakit (RS) WZ Johannes Kupang, Nusa Tenggara Timur. PDP asal Kelurahan Sulamu, Kecamatan Sulamu, Kabupaten Kupang berusia 61 tahun, dirawat karena mengidap penyakit tuberculosis (TB) dan pneumonia. 

"Menurut keterangan dokter, almarhum memiliki penyakit yang lain yaitu TB dan Pneumonia," kata Juru Bicara Pemprov NTT untuk Penanganan Virus Korona (Covid-19), Marius Jelamu, Selasa (28/4).

PDP tersebut dirawat sejak 24 April dan telah menjalani rapid test dan hasilnya negatif. Pasien tersebut meninggal Senin (27/4) dan jenazah langsung dibawa ke Sulamu yang berjarak sekitar 58 km dari Kota Kupang. Namun petugas medis telah mengambil hasil swab PDP tersebutuntuk diperiksa di laboratorium. 

"Alamarhum mengidap beberapa penyakit," tambah Marius Jelamu.

Sesuai data Gugus Tugas Covid-19 NTT sampai Senin malam, total PDP  meninggal di NTT sebanyak tujuh orang, namun sesuai hasil pemeriksaan tidak ada yang positif virus korona, keculai swab pasien terakhir yang meninggal baru dikirim ke laboratorium.

baca juga: Lagi Satu PDP Covid-19 di Tasikmalaya Meninggal Dunia

Adapun PDP yang masih menjalani perawatan di rumah sakit sebanyak 11 orang, dan 8 PDP lainnya berada di rumah masing-masing dan dipantau tim medis, dan PDP sebanyak 31 orang. Selain itu, jumlah  Orang Dalam Pengawasan (ODP) 491 orang, satu ODP di antaranya meninggal, juga negatif korona. Sedangkan pasien yang menjalani karantina mandiri berjumah 436 orang, dan karantina terpusat 51 orang. (OL-3

BERITA TERKAIT