28 April 2020, 06:35 WIB

Super Komputer Milik La Liga Ikut Bantu Perangi Virus Korona


Akmal Fauzi | Humaniora

DI LANTAI lima markas La Liga, di Torrolavega Street, terdapat sebuah komputer canggih dengan kecepatan 4.232 kali dari komputer biasa. Super komputer itu saat ini tengah digunakan untuk membantu memerangi virus korona (covid-19).

Super komputer itu awalnya dirancang untuk melacak gim ilegal. Saat ini, super komputer milik La Liga itu digunakan untuk membantu riset pengobatan virus korona.

“Ini komputer normal, tetapi kapasitasnya lebih dari 4.000 kali. Kecepatan pemrosesannya sangat besar,” kata Kepala Perlindungan Konten Teknologi La Liga, Emilio Fernandez del Castillo.

Super komputer La Liga itu saat ini terhubung dengan proyek virtual Folding@home, sebuah proyek super komputer virtual yang menjalankan simulasi para ilmuan untuk mempelajari penyebab virus korona. “Ketika ini semua terjadi, perhatian bergeser dan kami menyerahkan untuk berjuang melawan virus korona,” kata Emilio.

Dalam sebulan terakhir, lebih dari 700 ribu orang di seluruh dunia bergabung dalam proyek Folding@home. “La Liga menghubungi kami dan ingin mempelajari lebih lanjut tentang pekerjaan kami,” kata seorang ahli biofisika di Fakultas Kedokteran Universitas Washington di St Louis.

Menurutnya, dengan terhubungnya super komputer La Liga bisa mempercepat penelitian terhadap protein yang ditemukan dalam virus korona. Protein itulah yang membantu virus korona menginfeksi sel manusia.

Dari simulasi komputer, peneliti akan memetakan protein penyakit tersebut dan menentukan tindakan apa yang dilakukan dokter ke pasien. “Kami melakukan segala cara yang kami bisa untuk mempercepat pengembangan penelitian ini,” kata Bowman. (ESPN/R-1)

 

BERITA TERKAIT