28 April 2020, 05:55 WIB

Pemkab Maybrat Alokasikan Dana Desa Untuk BLT


Martinus Solo | Nusantara

UNTUK meringankan beban masyarakat kecil akibat dampak covid-19 di sektor perekonomian, masyarakat Maybrat akan mendapat Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang bersumber dari dana desa sebesar Rp10.200.000.

Kepala Bidang Pemerintahan Kampung Setda Kabupaten Maybrat, Orgenes Howay menjelaskan, berdasarkan peraturan Menteri Desa nomor 6 tahun 2020 tentang prioritas penggunaan dana desa tahun 2020, bertujuan agar menjaga daya beli masyarakat desa. Ditambahkannya, BLT yang akan diberikan kepada masyarakat sebesar Rp600.000 per Kepala Keluarga (KK) setiap Tri wulan selama masa pandemik covid-19 berlangsung.

Metode pemberian BLT tersebut  dengan cara  mendata masyarakat di setiap kampung secata teliti oleh tim relawan, kepala distrik, dan kepala kampung. Selanjutnya mereka akan melakukan verifiasi data masyarakat sehingga bantuan tepat sasaran.

"Setelah masyarakat didata, akan melakukan musyawarah kampung. Dan kami akan turun lapangan untuk mengawasi lagi," terang Orgenes Howay, Selasa(28/4).

baca juga: Bocah Tujuh Tahun di Jambi Tertular Covid-19 dari Klaster Gowa

Lebih jauh Orgenes Howay menambahkan BLT yang akan diberikan kepada masyarakat Maybrat dipotong dari dana desa sebesar 50 persen per kampung untuk membantu mengatasi kebutuhan ekonomi masyarakat.(OL-3)

BERITA TERKAIT