28 April 2020, 04:15 WIB

Seoul Sebut Kim Jong-un masih Sehat


MI | Internasional

SEORANG penasihat keamanan Korea Selatan mengatakan Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un masih hidup dan dalam kondisi sehat.

“Posisi pemerintah kami tegas,” kata penasihat keamanan nasional Moon Chung-in, dalam sebuah wawancara dengan CNN.  “Kim Jong-un masih hidup dan sehat,” tambahnya, kemarin.

Penasihat itu mengatakan Kim telah tinggal di Wonsan, sebuah kota resor di timur Korut, sejak 13 April. Dugaan tentang kesehatan Kim telah berkembang sejak ketidakhadirannya  dalam perayaan ulang tahun kakeknya, Kim Il-sung, yang merupakan pendiri Korea Utara, pada 15 April. Hari tersebut ialah hari terpenting dalam kalender politik di negara itu.

Kim belum muncul di depan umum sejak memimpin rapat politburo Partai Pekerja pada 11 April dan pada hari berikutnya media pemerintah melaporkan dia memeriksa jet tempur di unit pertahanan udara.

Ketidakhadirannya telah mengeluarkan serangkaian laporan media yang belum dikonfi rmasi mengenai kondisinya. Sementara itu, Daily NK telah melaporkan bahwa Kim menjalani perawatan setelah menjalani prosedur kardiovaskular awal bulan ini.

Mengutip sumber tak dikenal di dalam negeri, dikatakan Kim membutuhkan perawatan yang mendesak karena merupakan perokok berat, memiliki obesitas, dan kelelahan.

Presiden AS Donald Trump pekan lalu membantah laporan Kim sedang sakit tetapi menolak untuk menyatakan kapan dia terakhir kali berhubungan dengan Kim. Surat kabar resmi Korut, Rodong Sinmun melaporkan Kim telah mengirim pesan terima kasih kepada para pekerja di proyek pariwisata pesisir raksasa Wonsan Kalma.

Meski demikian, belum ada foto terbaru Kim hingga saat ini. Sementara itu, Kementerian Luar Negeri Tiongkok mengatakan tidak memiliki informasi yang bisa disampaikan mengenai Kim Jong-un. Juru bicara Geng Shuang juga tidak berkomentar soal pengiriman tim medis Tiongkok ke Korea Utara. (AFP/Nur/Hym/X-11

BERITA TERKAIT