27 April 2020, 22:15 WIB

Sumbar Tambah Rumah Sakit Rujukan


Yose Hendra | Nusantara

Kasus covid-19 di Sumatra Barat (Sumbar) diprediksi akan beradabdi puncaknya pada pertengahan Mei 2020. Kasusnya diperkirakan akan mencapai 350 orang. Oleh sebab itu, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumbar akan menambah rumah sakit (RS) rujukan covid-19.

Gubernur Irwan Prayitno mengatakan Pemprov Sumbar mulai mempersiapkan beberapa RS khusus di luar RS rujukan yang ada saat ini untuk penanganan penularan covid-19.

"Ada beberapa rumah sakit rujukan Kementerian Kesehatan seperti RSUP M Djamil Padang dengan kapasitas 40 orang dan RSUD Dr. Achmad Mochtar Bukittinggi berkapasitas 24 orang," kata Irwan.

Baca juga: Kepala Daerah Diminta Kerja Keras Atasi Kemiskinan

Selanjutnya, imbuh Irwan, ada RS khusus covid-19, yaitu RSUD Pariaman berkapasitas 160 orang dan RSUD Dr. Rasyidin untuk 112 orang.

"Terakhir, RS Rujukan Provinsi, yaitu Semen Padang Hospital untuk 54 orang, RS Unand untuk 12 orang, RSUD Solok untuk 20 orang, dan RST Dr. Reksodiwiryo," ujarnya.

Menurut Irwan, RS khusus covid-19 ini diharapkan dapat lebih meringankan serta sangat membantu pelaksanaan tugas petugas kesehatan. (OL-14)

 

BERITA TERKAIT