27 April 2020, 21:55 WIB

Satu Tunawisma asal Papua di GOR Tanah Abang Negatif Korona


Insi Nantika Jelita | Megapolitan

Sebanyak sembilan tunawisma menginap di GOR (Gelanggang Olah Raga) Tanah Abang Jakarta Pusat. Menurut Kepala Suku Dinas Sosial (Kasudinsos) Jakarta Pusat Ngapuli Parangin Angin, tiga orang lainnya dari luar daerah.

Menurut Ngapuli, mereka termasuk 55 tunawisma yang sempat diamankan Satpol PP dan dibawa ke GOR Tanah Abang. Para tunawisma tersebut didapati tidur di emperan sekitar Pasar Tanah Abang. Namun, sebagian dari mereka sudah dipulangkan.

"Ada satu ibu dari Papua. Kita sudah lakukan rapid test di puskesmas. Puji Tuhan hasilnya negatif," kata Ngapuli saat dihubungi, Senin (27/4).

Menurutnya, tunawisma dari Papua tersebut tidak memiliki sanak keluarga sama sekali di Jakarta dan sudah dibawa ke Panti Sosial Perlindungan Bhakti Kasih milik Dinas Sosial DKI Jakarta.

Baca juga: PSBB Bodebek Diperpanjang 14 Hari

"Kita langsung rujuk ke sana biar lebih baik karena di sana lebih nyaman dan lebih baik pelayanannya," ucap Ngapuli.

Sedangkan, dua tunawisma lainnya adalah pria. Mereka semula hendak berangkat kerja ke Pekanbaru, Riau, tapi batal karena bus tujuan Sumatera sudah tidak beroperasi.

"Dua orang itu menyerahkan diri untuk minta perlindungan. Dia sudah 2 hari di terminal Kampung Rambutan. Kerja di pekanbaru. Pas mau balik, ternyata sudah di-lockdown dan enggak ada bus ke sana," jelas Ngapuli.

Menurut Ngapuli, sesuai arahan Gubernur Anies Baswedan, fasilitas GOR akan dimanfaatkan untuk penampungan sementara warga yang terdampak covid-19. Di Jakarta Pusat, GOR Tanah Abang yang ditunjuk.

"Mungkin sampai selesai bulan puasa menampung mereka," pungkasnya. (OL-14)

BERITA TERKAIT