27 April 2020, 18:44 WIB

Distribusi Bansos Warga DKI Tahap I Rampung 5 Mei 2020


Nur Azizah | Megapolitan

KEMENTERIAN Sosial menargetkan pembagian paket sembako tahap satu selesai pada 5 Mei 2020. Paket sembako itu akan disalurkan ke 1,2 juta keluarga di DKI Jakarta

"Sembako ini sudah berjalan sejak Senin lalu, seminggu lalu. Dan tanggal 4 atau paling lambat 5 Mei ini tahap pertama sudah selesai dan kami akan lanjutkan untuk tahap kedua," kata Menteri Sosial Juliari P Batubara, Jakarta Pusat, Senin (27/4).

Baca juga: Pakar: RUU Cipta Kerja Bukan Obat Mujarab, Tapi Dibutuhkan

Sedangkan paket sembako untuk warga Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi akan dilaksanakan 1 Mei 2020. Ada 600 keluarga yang akan menerima paket sembako.

"Yang Bodetabek tanggal 1 Mei ini akan berjalan, untuk yang sembako, untuk 2 minggu ke depan," ungkapnya.

Nilai paket sembako yang diberikan senilai Rp600 ribu perbulan. Paket ini akan diberikan dua kali sebulan selama tiga bulan ke depan. Juliari juga melaporkan ihwal pelaksanaan bantuan langsung tunai (BLT). Ia mengatakan bantuan ini belum sepenuhnya berjalan di seluruh daerah.

"Karena menyangkut data-data yang kami harus hati-hati. Karena apabila kami nanti mengirimkan uang, salah, tentunya nanti terjadi permasalahan di lapangan yang tidak kami inginkan dan pemda tidak inginkan," ujar dia.

Untuk BLT di luar Jabodetabek, ada dua mekanismenya. Yang pertama pengirimannya melalui kantor-kantor Pos dan melalui armada motor pos.

"Itu dilakukan khususnya untuk nama-nama penerima yang tidak memiliki rekening di bank Himbara (Himpunan bank-bank milik negara)" tuturnya. (OL-6)

BERITA TERKAIT