27 April 2020, 18:40 WIB

Pemda Kota Sorong Bagi Sembako Bagi Porter


Martinus Solo | Nusantara

Guna meringankan beban para porter bandara dan pelabuhan, yang terdampak covid-19, Pemda Kota Sorong memberikan bantuan. Ada 150 orang porter yang mendapat bantuan.

Diketahui Wali Kota Sorong Lambert Jitmau memperpanjang karantina wilayah. Keputusan Lambert termasuk tetap menutup operasional Bandara Deo, Pelabuhan Rakyat, dan Pelabuhan Sorong, Akibat keputusan tersebut para porter dan tenaga kerja bongkar muat (TKBM) menganggur. .

Sebagai wujud kepedulian terhadap mereka yang terkena dampak langsung, Wali Kota Sorong Lambert Jitmau memberikan bantuan berupa bahan pokok (bapok). Bantuan diberikan di Bandara Deo Sorong pada Senin (27/4). Pekerja lepas yang menerima bantuan di antaranya porter, cleaning service, dan juga security yang setiap hari bekerja di Bandara Deo Sorong.

"Bantuan yang saya berikan, diprioritaskan kepada porter di Bandara Deo dan TKBM baik yang ada di Pelabuhan Rakyat maupun di Pelabuhan Sorong. Saya prioritaskan memberikan bantuan kepada mereka, karena mereka yang paling terdampak dengan keputusan wali kota menutup bandara dan pelabuhan. Akibatnya, sumber pendapatan mereka menjadi hilang," ujar Lambert.

Menurutnya, bantuan akan diberikan secara bertahap. "Hari ini diberikan kepada porter di Bandara dan selanjutnya akan diberikan kepada TKBM," sambungnya.

Pemberian bantuan bapok, sambungnya, merupakan konsekuensi yang harus dilakukan atas keputusan yang diambil. "Kita berdoa saja, semoga virus ini cepat berlalu dan hilang di Kota Sorong, sehingga semua aktifitas bisa berjalan normal kembali," harapnya.

Lambert meminta pada para porter untuk tidak melihat nilai bantuan yang diberikan. "Tapi ini merupakan wujud kepedulian dari Pemerintah Kota Sorong terhadap warga yang terdampak," paparnya..

Sementara itu, Ketua Porter Bandara Deo Agus Nububa mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kota Sorong. "Walaupun kami terkena dampak, namun kami sangat mendukung keputusan yang diambil bapak Wali Kota Sorong menutup operasional bandara Deo," ujar Agus.

Kami juga berterima kasih, lanjutnya, atas bantuan yang telah diberikan. "Ini sangat membantu untuk mencukupi kehidupan kami sehari-hari," tandasnya.

 

BERITA TERKAIT