27 April 2020, 18:04 WIB

34 ODP Dikarantina di Jakabaring Sport City


Antara | Nusantara

RUMAH Sehat COVID-19 di kompleks pusat olahraga "Jakabaring Sport City (JSC)" Palembang, Sumatera Selatan hingga April 2020 mengarantina 34 orang dalam pemantauan (ODP) untuk mencegah penyebaran virus corona baru itu.

Pelaksana Harian Rumah Sehat Jakabaring, Aufa Syahrizal, di Palembang, Senin, mengatakan ODP yang dikarantina adalah 23 masyarakat Sumsel yang datang atau melakukan perjalanan dari daerah terpapar COVID-19 dan 11 warga negara asing (WNA).

Warga negara asing yang menjadi ODP itu, delapan orang dari Banglades dan tiga orang dari Sri Lanka.

Warga negara asing tersebut dikarantina mulai 26 April 2020 sebagai tindakan pengamanan agar mereka tidak berkeliaran dan menimbulkan keresahan masyarakat di tengah pandemi Covid-19.

Warga Banglades dan Sri Lanka itu berkunjung ke Palembang sejak Januari 2020 untuk belajar dan memperdalam agama Islam, namun ketika mereka akan kembali status negaranya "lockdown" dampak pandemi COVID-19 sehingga belum bisa pulang.

"Karantina tersebut dilakukan hingga kondisi mereka dipastikan benar-benar sehat dan terbebas dari virus korona," katanya.

Dia menjelaskan selama dalam karantina di Rumah Sehat Covid-19 JSC Palembang, para ODP secara rutin mendapat pelayanan pemeriksaan kesehatan, olahraga, serta didampingi psikolog dan guru agama/ustadz.

Melalui perhatian tim Rumah Sehat itu, diharapkan semua ODP yang menjalani karantina dapat merasa nyaman dan kondisi kesehatannya prima sehingga bisa kembali ke masyarakat atau berkumpul dengan keluarganya. "Sementara bagi WNA Banglades dan Sri Lanka dapat segera pulang ke negara asalnya," kata Aufa. (OL-12)

BERITA TERKAIT