27 April 2020, 17:24 WIB

Pemprov DKI Gencarkan Rapid Test, 69.737 Dinyatakan Negatif


Putri Anisa Yuliani | Megapolitan

PEMERINTAH Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta terus melakukan rapid test kepada warga Ibu Kota untuk mengetahui sejauh mana penyebaran kasus covid-19.

Kepala Bidang Sumber Daya Kesehatan Dinas Kesehatan DKI, Ani Ruspitawati, mengatakan rapid test masih berlangsung di enam wilayah kota/kabupaten administrasi DKI Jakarta dan Pusat Pelayanan Kesehatan Pegawai (PPKP).

Baca juga: Langgar PSBB DKI, 76 Perusahaan Disegel

"Total sebanyak 72.618 orang telah menjalani rapid test, dengan persentase positif covid-19 sebesar 4%. Rinciannya, 2.881 orang dinyatakan positif covid-19 dan 69.737 orang dinyatakan negatif," papar Ani, Senin (27/4).

Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta beserta jajaran juga telah memberikan layanan kesehatan jiwa terhadap masyarakat terdampak covid-19. Psikolog dan tenaga kesehatan jiwa di puskesmas juga siap menyediakan layanan dukungan kesehatan jiwa dan psiko sosial melalui telepon dan aplikasi WhatsApp.

Baca juga: Petugas dan Penumpang di Stasiun Bogor Jalani Tes Covid-19

"Dinas Kesehatan DKI memberikan layanan konsultasi online melalui aplikasi sahabat jiwa (berbasis website) pada situs https://sahabatjiwa-dinkes.jakarta.go.id/. Bagi masyarakat yang mengakses, akan diberikan layanan konseling oleh psikolog yang bertugas di puskesmas," ungkap Ani.

Pemprov DKI Jakarta mengapresiasi berbagai pihak yang membantu dan berkolaborasi dalam penanganan pandemi covid-19. Sampai 26 April, total 113 kolaborator yang telah berpartisipasi. Mereka berasal dari lembaga usaha, LSM/OMS, PBB, universitas, kementerian dan perorangan.(OL-11)

 

BERITA TERKAIT