27 April 2020, 17:08 WIB

Menhub Budi Karya Resmi Dinyatakan Sembuh dari Covid-19


Despian Nurhidayat | Humaniora

SETELAH menjalani perawatan sejak tanggal 13 Maret 2020, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi kini dinyatakan sudah sembuh dari covid-19.

Bahkan, dirinya dinyatakan sudah boleh beraktivitas kembali dan bekerja dari rumah atau work from home.

Waka RSPAD (Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat) Brigjen TNI, Budi Sulistya mengatakan bahwa pada saat melakukan perawatan, Budi Karya sempat mengenakan beberapa alat bantu medis untuk membantu penyembuhan.

"Berkat semangat dan support keluarga, serta upaya tim dokter penanganan, telah berhasil memberikan pemulihan pada Budi Karya Sumadi. Beliau pulang rawat tanggal 31 Mater 2020 dan sampai saat ini sudah 2 kali pemeriksaan PCR covid-19 dan hasilnya negatif," ungkapnya dalam video conference, Senin (27/4).

Secara tegas, Budi Sulistya menyatakan bahwa Budi Karya sudah negatif dari covid-19 dan pada saat ini Budi Karya tengah menjalani proses pemulihan pasca rawat dan pemulihan beberapa penyakitnya.

"Prinsipnya kondisi beliau memungkinkan untuk bekerja dari rumah atau work from home. Di samping itu, beliau tetap kontrol dan dalam perawatan tim dokter," lanjut Budi Sulistya.

Di tempat yang sama, Budi Karya menambahkan bahwa kesembuhan yang dia peroleh seakan-akan telah menjadi suatu mukjizat bagi dirinya.

Dia pun mengakui bahwa kegiatan fisik yang dilakukan olehnya mungkin berlebihan sehingga pada saat covid-19 merebak di Indonesia dia terpaksa harus terdampak.

"Bukan hanya saya saja, di Kemenhub ada rombongan saya kurang lebih ada 7 orang yang juga kena (covid-19). Saya nggak tahu kenanya di mana tapi ada beberapa lagi, dan masing-masing berpencar. Saya termasuk usia paling tua 63 tahun yang lain paling tinggi kan 60 tahun," ujar Budi Karya.

Lebih lanjut, dia pun merasa sangat berterima kasih kepada RSPAD, dokter dan semua tim yang berdedikasi bagi kesembuhaknnya. Bahkan, Budi Karya mengakui bahwa sampai hari ini, dia masih mendapatkan kunjungan dari dokter RSPAD.

Budi Karya juga bercerita pada tanggal 31 Maret 2020, dia baru pertama kali mengalami suatu rapid test dan dinyatakan negatif covid-19.

"Jadi, karena saya pikir RSPAD bisa digunakan orang lain dan saya di rumah mungkin bisa rileks, tugas temen-temen di RSPAD banyak, saya jangan ngerusuhi, tapi pun saya sampai di rumah dirawat oleh istri dan anak saya, itu tiap hari tidak kurang 2-3 dokter dateng ke rumah," sambungnya.

Lebih lanjut, sesuai harapan Presiden Joko Widodo, dia pun menarup harapan pada bulan Juli 2020 penyebaran covid-19 sudah selesai. Menurutnya bulan Mei ini akan menjadi puncak pandemi dan bulan Juni hingga Agustus akan mengalami penurunan.

Secara implisit, Budi Karya pun mengatakan bahwa dirianya akan kembali menjabat sebagai Menhub pada tanggal 5 Mei nanti.

"Nanti tanggal 5 (Mei) saya bisa efektif untuk berwawancara. Tanggal 5 kita ngopi sama sama. Kita ketemu lagi tanggal 5. Teima kasih," pungkas Budi Karya. (OL-2)

 

BERITA TERKAIT