27 April 2020, 16:42 WIB

Tri Tito Karnavian Salurkan Bantuan OASE Kabinet Indonesia Maju


Abdillah Muhammad Marzuqi | Politik dan Hukum

KETUA Umum Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Tri Tito Karnavian menyerahkan bantuan bahan makanan dan kupon belanja kepada masyarakat.

Ia mewakili enam organisasi wanita yakni Oase Kabinet Indonesia Maju atau Perkumpulan Istri Kabinet Indonesia Maju, Dharma Pertiwi atau Persatuan Istri Anggota TNI, Bhayangkari atau Persatuan Istri Anggota Polri, Dharma Wanita Persatuan atau Perkumpulan Istri ASN, serta Adhyaksa Dharmakarini atau Perkumpulan Istri Jaksa.

"Kegiatan bantuan ini merupakan rangkaian dari kegiatan yang telah dilaksanakan sejak minggu akhir Maret," kata Tri Tito Karnavian saat menyerahkan bantuan secara simbolis kepada masyarakat di Jalan Mampang Prapatan IX, Jakarta Selatan (27/4).

Bantuan diserahkan langsung pada warga dengan tetap menerapkan protokol pencegahan covid-19 yakni memakai masker, jaga jarak (physical distancing), dan tidak berkerumun. Tri Tito Karnavian pun menyerahkan bantuan secara simbolis kepada tiga orang perwakilan warga, yaitu Mardani, Asmanah, dan Yuni.

Seusai memberikan bantuan, Tri Tito Karnavian mengatakan, bantuan yang diberikan berasal dari kontribusi organisasi dan sumbangan. Menurutnya, bantuan itu disalurkan kepada masyarakat yang membutuhkan. Tak hanya kepada masyarakat di wilayah Jakarta, melainkan juga disalurkan ke beberapa daerah di Pulau Jawa.

"Bantuan yang telah dan akan disalurkan ke masyarakat sebanyak 35.000 paket bahan makanan mentah dan masak," katanya.

Selain makanan, ada juga bantuan berupa voucher belanja senilai total Rp 1milyar. Sedangkan setiap paket bantuan berupa paket sembako, makanan kering, dan voucher belanja senilai Rp 150ribu. Selama ini, organisasi tersebut juga telah menyalurkan ribuan nasi kotak ke tenaga medis di rumah sakit dan masyarakat umum. Ia berharap, bantuan yang diberikan bisa meringankan beban warga.

"Selain bantuan bahan makanan, kami juga memberikan bantuan berupa Alat Pelindung Diri (APD) ke rumah sakit-rumah sakit di berbagai daerah. Semoga itu membantu para tenaga medis yang ada di garda depan berjuang melawan Covid-19 serta ditambah bantuan berupa ribuan nasi kotak yang disalurkan untuk tenaga medis di rumah sakit serta masyarakat umum," katanya.

Tidak lupa, ia juga mengingatkan warga agar selalu patuh kepada imbauan Pemerintah untuk selalu jaga jarak, rutin cuci tangan pakai sabun, wajib pakai masker, makan makanan yang bergizi, istirahat yang cukup, rajin berolahraga, dan berdoa agar wabah covid-19 cepat berakhir.

Istri Mendagri itu mengucapkan selamat menjalani Ramadan kepada warga. "Semoga bulan Ramadan ini membawa berkah. Sekaligus bisa memutus mata rantai penyebaran Covid-19," harapnya. (OL-8)

 

BERITA TERKAIT