27 April 2020, 16:36 WIB

Grand Prix Prancis Batal Digelar Tahun Ini


Rahmatul Fajri | Olahraga

PIHAK Formula 1 resmi mengumumkan Grand Prix Prancis tidak akan berlangsung pada tahun ini. Keputusan itu merupakan dampak pandemi virus korona (covid-19).

Sebelumnya, balapan itu dijawalkan pada 26-28 Juni di Sirkuit Paul Ricard. Namun, pemerintah Prancis melarang semua aktivitas berskala besar hingga pertengahan Juli akibat pandemi. Pemerintah Prancis juga memberlakukan pembatasan perjalanan untuk mencegah penyebaran covid-19.

Baca juga: McLaren: F1 Berpotensi Alami Krisis

"Melihat situasi terkait penyebaran covid-19, Grand Prix Prancis memahami keputusan yang diumumkan pemerintah Perancis. Sehingga, tidak mungkin untuk meneruskan balapan," ujar Direktur GIP Grand Prix de France, Eric Boullier, melalui laman resmi F1, Senin (27/4).

Ini menjadi balapan ke-10 pada musim 2020 yang dibatalkan atau ditunda akibat krisis kesehatan. Sebelumnya, GP Kanada 2020 juga resmi ditunda pada 8 April lalu. Selain GP Kanada, ada GP Australia dan GP Monaco yang batal digelar tahun ini.

Baca juga: Mantan Bos F1 Sarankan Kejuaraan Tahun ini Dibatalkan

CEO Formula 1, Chase Carey, juga memahami keputusan yang diambil penyelenggara. Meski berat, namun Carey berpendapat ini adalah keputusan terbaik.

"Ini akan mengecewakan penggemar kami dan komunitas F1, bahwa Grand Prix Prancis dibatalkan. Kami sepenuhnya mendukung keputusan yang diambil otoritas Prancis dan berharap segera kembali ke Paul Ricard," pungkas Carey.(formula1.com/OL-11)

BERITA TERKAIT