27 April 2020, 16:29 WIB

Kapolda Metro: Kejahatan Meningkat, Situasi Kondusif


Tri Subarkah | Megapolitan

KAPOLDA Metro Jaya Irjen Nana Sujana mengatakan kasus kejahatan di wilayah hukum Polda Metro Jaya mengalami peningkatan. Hal tersebut dihitung sejak Maret sampai April 2020.

"Memang untuk peningkatan hasil analisa evaluasi ada kurang lebih peningkatan 10 persen kasus kriminalitas yang terjadi kalau ktia bandingkan Maret sampai April," kata Nana di Mapolda Metro Jaya, Senin (27/4).

Nana menyebut kasus kejahatan yang belakangan terjadi di wilayah hukumnya antara lain pencurian dengan kekerasan, pencurian dengan pemberatan, pencurian kendaraan bermotor, narkoba, serta penipuan. Namun, ia mengaskan bahwa situasi Jakarta dan sekitarnya dalam keadaan kondusif.

Menurut Nana, peningkatan angka kriminalitas tersebut terjadi setalah pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di Jakarta dimulai. Terlebih, kebijakan tersebut juga bergulir pada momen bulan Ramadan dan mendekati Hari Raya Idul Fitri.

"Memang dari tahun ke tahun kejadian terkait dengan bulan puasa kemudian juga Hari Raya Idul Fitri biasanya ada peningkatan," ujar Nana.

Jenis kriminalitas yang sering terjadi, Menurut Nana adalah curas maupun curat dengan sasaran minimarket. Dalam sebulan terakhir saja, pihaknya mencatat ada 17 kasus yang terjadi. Dari angka tersebut, sudah 13 kasus yang berhasil diungkap.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat PMJ Kombes Yusri Yunus menambahkan dari seluruh kasus tersebut, sudah ada 20 orang yang ditetapkan tersangka. Dua tersangka dilakukan tindakan tegas dan terukur hingga meninggal dunia karena melawan petugas saat akan ditangkap. (OL-2)

 

BERITA TERKAIT