27 April 2020, 17:45 WIB

Langkah Sederhana Menjadi Mitra Program Kartu Prakerja


M. Iqbal Al Machmudi | Ekonomi

DIREKTUR Kemitraan dan Komunikasi Project Management Office (PMO) Kartu Prakerja, Panji Winanteya Ruky, mengungkapkan bahwa pemerintah membuka kesempatan kepada platform digital untuk menjadi mitra dari program kartu prakerja.

Mitra yang dipilih nantinya akan menjadi mitra pelatihan online. Pemerintah membuka kesempatan ini kepada seluruh masyarakat yang memiliki platform digital sehingga tidak ada batasan jumlah namun harus memenuhi syarat-syarat yang diberkan PMO.

Baca juga: Dengan Indonesia In Your Hand, BRI Dorong Ekspor Produk UMKM

"Untuk batasan jumlanhya tidak ada. Namun, ini akan dikembangkan terus sehingga tidak membatasi jumlah mitra," kata Panji saat telekonferensi, Senin (27/4).

Adapun syarat yang diberikan yakni setiap platform digital yang ingin bergabung mengirimakan profil dan situs milik perusahaan yang telah beroperasi melalui email ke info@prakerja.go.id.

"Setiap platform yang ingin bergabung juga perlu mempelajari Peraturan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Nomor 3 Tahun 2020 dan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 25/PMK.05//2020," ujar Panji.

Calon mitra juga sudah memiliki layanan e-market place yang menyediakan beragam penyedia jasa platform.

Setelah itu PMO akan melakukan evaluasi situs, setelah itu PMO akan menghubungi calon mitra melalui email untuk melanjutkan proses evaluasi dan verifikasi.

Baca juga: Petani Milenial tetap Eksis Ekspor Meski sedang Pandemi Covid-19

"Jika semua telah memenuhi syarat dan menyatakan sanggup sebagai mitra maka akan dilanjutkan dengan tanda tangan nota kesepahaman dan perjanjian kerja sama," terangnya.

Diketahui hingga saat ini sudah ada 8 digital yang menjadi mitra program kartu prakerja yakni Tokopedia, BukaLapak, Ruangguru, Mau Belajar Apa, Pijar Mahir, Sekolahmu, Pintaria dan Sisnaker. (OL-6)

BERITA TERKAIT