27 April 2020, 14:34 WIB

Pertimbangkan Pandemi, MotoGP Hanya Digelar di Eropa


Akmal Fauzi | Olahraga

DORNA Sports, organisasi penyelenggara MotoGP, bertekad untuk melanjutkan seri balap musim ini. MotoGP 2020 bisa digelar pada akhir Juli, namun hanya berlangsung di Benua Eropa.

“Prinsipnya, kami akan berkonsetrasi mengurus balapan di Eropa. Mulai Juli atau Agustus, lalu kami akan melihat situasinya. Kemudian melihat kemungkinan balapan di benua lain pada akhir tahun, namun tetap selesai tepat waktu," ujar CEO Dorna Sports, Carmelo Ezpeleta.

Ezpeleta mengatakan dengan perhelatan di Eropa, maka perjalanan setiap tim akan lebih mudah di tengah pandemi. Sebab, hanya melintasi jalur darat. Dorna Sports juga terus memantau situasi setiap negara yang bersedia memberikan akses kepada MotoGP, untuk menggelar balapan di wilayahnya.

Baca juga: Tim MotoGP Usul Gelar Tes Pramusim Tambahan

“Mungkin kami akan menggelar dua pekan balap beruntun di trek yang sama. Kemudian pindah ke trek lain. Di Eropa, kami bisa berpindah dengan mobil dan itu lebih memungkinkan. Skenario yang kami inginkan memulai musim di Juli dan selesai pada November," jelas Ezpeleta.

Lebih lanjut, dia menuturkan semua balapan yang digelar kemungkinan besar berlangsung tanpa penonton. Berdasarkan jadwal yang disesuaikan, balapan terdekat ialah MotoGP Ceko, yang dijadwalkan pada 9 Agustus mendatang di Sirkuit Brno.

Sejauh ini, ada satu balapan MotoGP yang dibatalkan. Sementara 10 balapan lainnya mengalami penundaan. Kendati demikian, tiga balapan MotoGP di antaranya, yakni Jerman, Belanda dan Finlandia, belum dikonfirmasi secara resmi oleh Dorna Sports.(Crash/OL-11)

 

BERITA TERKAIT