27 April 2020, 14:08 WIB

Gugus Tugas Bentuk Integrasi Satu Data Terkait Covid-19


Nur Azizah | Humaniora

GUGUS Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 membentuk sistem integrasi satu data terkait korona. Sistem itu dinamai Bersatu Lawan Covid.

Ketua Pakar Gugus Tugas Wiku Adisasmito mengatakan sistem informasi ini untuk meningkatkan kecepatan pencatatan data dalam rangka percepatan penanganan Covid-19 di Indonesia. Sistem ini juga akan mempermudah masyarakat untuk melihat sebaran kasus Covid-19 secara real time.

"Bersatu Lawan Covid juga untuk mendorong kelengkapan dan akurasi data serta menjembatani alur pendistribusian logistik kepada Rumah Sakit, laboratorium dan Dinas Kesehatan," kata Wiku di Kantor Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Jakarta Timur, Senin (27/4).

Wiku mengatakan sistem ini dibangun berkat kolaborasi lintas Kementerian, institusi dan lintas sektoral di bawah koordinasi Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19. Ia menuturkan dibutuhkan kerja sama yang kuat baik di tingkat pusat hingga daerah, kabupaten kota sampai dengan RT dan RW.

"Maka kami mengajak seluruh komponen hingga daerah perbatasan dan terpencil untuk dapat terhubung dengan pusat dan wilayah lainnya. Data inilah yang akan kami sebut sebagai satu data," ujarnya.

Wiku menyampaikan data ini akan menjadi navigator pembuatan kebijakan pemerintah yang tepat sasaran. Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 ini akan terus berkoordinasi dengan berbagai kementerian dan lembaga dan BPDB di daerah.

"Dan kami terus menyempurnakan sistem dan komponennya yang dapat diakses pada hari ke depan oleh seluruh masyarakat Indonesia secara terbuka dan transparan," kata Wiku. (OL-2)

 

BERITA TERKAIT