27 April 2020, 13:59 WIB

Kasus Covid-19 Menurun, Italia Longgarkan Lockdown Mulai 4 Mei


Nur Aivanni | Internasional

PERDANA Menteri Italia, Guiseppe Conte, mengumumkan rencana untuk pelonggaran kebijakan penguncian wilayah (lockdown) pada 4 Mei mendatang.

Nantinya, warga Italia akan diizinkan untuk mengunjungi kerabat di wilayah tempat tinggal. Pergerakan lain hanya diizinkan untuk alasan pekerjaan atau kesehatan. Demikian bunyi laporan kantor berita Sputnik.

Baca juga: Tingkat Infeksi Covid-19 Italia Melambat

Conte menekankan kunjungan keluarga harus tetap menjaga jarak fisik (physical distancing), mengenakan masker dan mematuhi larangan berkumpul.

"Kami tidak mengatakan bahwa mulai 4 Mei bisa pesta di rumah. Namun, reuni keluarga akan diizinkan," ujar Conte, seperti dikutip dari Bernama, Senin (27/4).

Dia menambahkan warga masih dilarang untuk berpindah dari satu daerah ke daerah lain dengan transportasi umum atau pribadi.

Baca juga: Ibrahimovic Galang Dana untuk Bantu Italia Kalahkan Covid-19

Dikutip dari BBC, Italia mencatat 260 kasus kematian baru akibat pandemi virus korona (covid-19) pada Minggu waktu setempat. Data itu merupakan angka harian terendah sejak 14 Maret. Jumlah korban meninggal akibat covid-19 hingga saat ini mencapai 26.644 orang.

Sementara itu, jumlah kasus covid-19 yang telah dikonfirmasi tercatat 197.675 orang. Data itu dirilis Johns Hopkins University. Jumlah kasus covid-19 di Italia terpantau menurun. Otoritas berwenang meyakini tingkat penularan saat ini cukup rendah. Sehingga, mereka membenarkan pelonggaran lockdown dengan tetap berhati-hati.(Bernama/BBC/OL-11)

 

 

BERITA TERKAIT