27 April 2020, 14:30 WIB

Anies Pulangkan 52 Tunawisma dari GOR Tanah Abang


Putri Anisa Yuliani | Megapolitan

PEMPROV DKI Jakarta memulangkan sebanyak 52 orang dari total 55 tunawisma yang dibawa ke GOR Tanah Abang. Pemulangan ini dilakukan pada Sabtu (25/4) lalu setelah para tunawisma ditampung selama 1x24 jam dan dilakukan asesmen.

Sebelumnya 55 orang itu menggelandang di emperan toko dan mengaku kehilangan pekerjaan akibat Covid-19. Setelah ditelusuri ada 15 orang ber-KTP Jakarta dan sisanya 40 orang adalah warga dari luar daerah tanpa identitas.

Baca juga: Kaget, DKI Sebut 900 Perusahaan Beroperasi dari Izin Kemenperin

"Sebanyak 52 orang sudah pulang karena ada yang menjemput dan bersedia menampung," ungkap Kepala Suku Dinas Sosial Jakarta Pusat Ngapuli Parangin-angin saat dihubungi Media Indonesia, Senin (27/4).

Ngapuli mengatakan setiap penjemput harus menandatangani berkas pernyataan bersedia menanggung yang bersangkutan dan bertanggung jawab agar tunawisma tersebut tidak lagi menggelandang maupun mengemis di jalanan.

"Sudah kita terapkan seperti itu. Ada yang menjemput dan sebagian memang ada yang mau menampung. Jadi kita minta mereka anggota keluarga, teman atau kerabat juga mau bersedia bertanggung jawab, jangan sampai turun ke jalan lagi," tukasnya.

Sementara itu, sebanyak tiga orang masih ditampung di GOR Tanah Abang. Mereka adalah seorang wanita paruh baya berasal dari Papua dan dua pria dari Riau. Keduanya tidak memiliki sanak saudara yang bisa menampung.

"Mereka juga tidak bisa pulang karena sedang ada pembatasan ke luar kota. Sehingga sementara kita tampung sampai situasi kondusif," jelas Ngapuli.

Seluruh kebutuhan dasar para tunawisma dipenuhi oleh Sudinsos Jakpus. Pemeriksaan kesehatan juga dilakukan tiap hari sebagai bagian dari penerapan protokol kesehatan Covid-19. (OL-6)

BERITA TERKAIT