24 April 2020, 21:18 WIB

Pemkab Banyumas Siapkan Velbed untuk Karantina Pemudik


Lilik Dharmawan | Nusantara

PEMERINTAH Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah (Jateng) menyiapkan 400 velbed yang ditata di sejumlah gedung di Kompleks GOR Satria, Purwokerto, Jawa Tengah (Jateng). Hal itu dilakukan untuk mengarantina para pemudik yang masih bandel mudik.

Koordinator Operasional Gugus Tugas Penanggulangan Covid-19 Srie Yono mengatakan, pihaknya menyiapkan 400 velbed yang dipinjam dari kepolisian dan TNI di sejumlah bangunan gedung di GOR. "Yang dipersiapkan awal adalah di Gedung Futsal, bisa memuat 100 warga orang dalam pemantauan (ODP). Nantinya, mereka yang dikarantina di sini adalah warga yang masih tetap bandel untuk mudik di Banyumas," kata Srie pada Jumat (24/4).

Menurutnya, kemungkinan masih akan ada gelombang pemudik yang datang ke Banyumas, karena dari sekitar 80 ribu perantau di luar kota, yang sudah pulang baru sekitar 32 ribu. "Karena itulah, pemkab telah menyiapkan tempat pemantauan di perbatasan-perbatasan. Jadi, jika ada pemudik yang datang, ada dua pilihan. Yakni dikarantina di desa atau di GOR Satria. Selama masa karantina selama 14 hari di GOR Satria, maka logistik akan dicukupi oleh pemerintah," ujarnya.

Hingga Jumat, pemasangan velbed dan penyekatan terus dikebut oleh Pemkab Banyumas. Intinya adalah, para pemudik harus menjalani karantina, bagi yang tetap nekat pulang. "Tetapi sebetulnya, lebih baik tetap tidak mudik, agar tidak menjalani karantina dan meminimalkan penularan," tambahnya. (X-15)

BERITA TERKAIT