24 April 2020, 19:41 WIB

Ingin Jadi Tuan rumah Piala Dunia 2030, Tiongkok Bangun Stadion


Akmal Fauzi | Sepak Bola

TIONGKOK terus mengejar ambisinya untuk bisa menjadi tuan rumah Piala Dunia 2030. Salah satunya dengan membangun stadion sepak bola baru.

Pembangunan stadion itu terus dikebut di tengah pandemi virus korona (covid-19) yang membinasakan perekonomian dunia. Bahkan, dana miliaran dolar AS dikeluarkan untuk bisa mewujudkan ambisi menjadi tuan rumah piala dunia.

Menyurutnya wabah covid-19 di negeri Tirai Bambu itu, pekan lalu juara Liga Super Tiongkok (CSL) Guangzhou Evergrande mulai membangun stadion baru mereka senilai 12 miliar yuan (1,7 miliar dolar AS).

Dengan kapasitas 100 ribu penonton, stadion berbentuk bunga teratai itu akan mengalahkan stadion terbesar di dunia saat ini, Camp Nou, markas klub Barcelona yang memiliki kapasitas 99.354 penonton.

Evergrande Group, pengembang properti yang didirikan salah satu orang terkaya di Tiongkok itu juga berniat untuk membangun dua stadion berkapasitas 80 ribu penonton.

Baca juga : Aaron Ramsey Merasa Telah Dibantu Cristiano Ronaldo

Tiongkok akan memiliki 12 stadion sepak bola utama baru dua tahun dari sekarang yang menandakan era baru sepak bola Tiongkok.

Sebagian besar stadion itu akan digunakan untuk Piala Dunia antarklub pada 2021 dan Piala Asia AFC 2023.

“Saya pikir keingijan Tiongkok untuk bisa menjadi tuan rumah piala dunia sangat jelas,” kata Ji Yuyang, seorang jurnalis untuk Oriental Sports Daily.

Presiden FIFA Gianni Infantino menyambut baik ketertarikan Tiongkok untuk memperebutkan tiket tuan rumah Piala Dunia 2030. (AFP/OL-7)

BERITA TERKAIT