16 April 2020, 07:10 WIB

Pelaku Usaha Berharap Anies-Riza Klop


SURYANI WANDARI PUTRI | Megapolitan

PELAKU usaha mengapresiasi pelantikan Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara, kemarin. Para pelaku usaha berharap kehadiran wagub menjadi penyemangat bagi warga Jakarta dalam membantu gubernur mengatasi berbagai masalah besar yang dihadapi saat ini.

"Kita pelaku usaha menaruh harapan besar kepada wagub untuk dapat bekerja sama secara maksimal dengan Pak Gubernur menyelesaikan berbagai persoalan Jakarta yang dimulai dari virus korona baru (covid-19), masalah banjir, kemacetan, termasuk tantangan perekonomian seusai covid-19," kata Wakil Ketua Dewan Pertimbangan Kadin DKI Jakarta Sarman Simanjorang.

Menurut Sarman, pandemi covid-19 ini membuat perekonomian di DKI lumpuh. Sebagai kota jasa, aktivitas masyarakat merupakan modal utama dalam mengerakkan berbagai sektor usaha di Jakarta.

Dengan imbauan bekerja dari rumah (work from home) dan kebijakan pembatasan sosial berskala besar (PSBB), pergerakan masyarakat kian sempit. Kondisi ini sangat mematikan berbagai bidang usaha di DKI, dari sektor usaha pariwisata hingga turunannya, seperti hotel, restoran, kafe, katering, travel, pusat hiburan, dan transportasi.

Kemudian dari sektor perdagangan secara luas, kuliner, dan aneka jasa usaha yang sangat terpuruk dan nyaris tutup karena sepinya konsumen. Hal ini sangat berdampak terhadap pertumbuhan ekonomi Jakarta yang akan turun secara drastis.

"Suka tidak suka ini menjadi tantangan besar yang dihadapi wagub baru memulai tugasnya. Namun, kami pelaku usaha memiliki optimisme yang tinggi. Dengan berbagai pengalaman yang dimiliki Wagub DKI yang baru, tantangan besar ini akan mampu dihadapi dengan kolaborasi dan kerja sama yang utuh bersama Pak Gubernur," katanya.

Apalagi, Sarman menilai Riza Patria memiliki kesamaan dengan mantan Wagub DKI Sandiaga S Uno. Keduanya selain menjadi aktivis kepemudaan, juga punya latar belakang pengusaha, pernah aktif di Hipmi, dan pengurus Kadin Indonesia.

Ketua DPRD DKI Prasetyo Edi Marsudi pun meminta agar Riza menuntaskan dua permasalahan pokok Jakarta yang terjadi menahun, yakni macet dan banjir.

"Priotitas pekerjaan Jakarta itu cuma ada dua, macet dan banjir. Sudah itu saja. Ketika dua masalah itu beres, semua akan beres. Perekonomian menggeliat, iklim investasi bagus, maka langsung dampaknya terjadi tuh pada peningkatan PAD," kata Prasetyo.


Taati aturan pemerintah

Riza Patria menyampaikan kepada Presiden Joko Widodo bahwa dirinya akan taat terhadap peraturan pemerintah pusat.
"Dalam rangka melaksanakan tugas sebagai wakil gubernur, saya sampaikan pada Pak Presiden bahwa saya akan patuh dan taat pada peraturan pemerintah pusat," ujar Riza.

Ia juga berkomitmen untuk membantu Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyelesaikan tugas-tugas yang belum tereksekusi dengan baik.

"Tugas wagub adalah membantu gubernur dalam rangka memimpin pemerintahan daerah, memantau, mengevaluasi, memberikan pertimbangan, memberikan rekomendasi, dan melaksanakan tugas-tugas sesuai dengan undang-undang. Mudah-mudahan kehadiran saya bisa membantu agar Jakarta lebih baik lagi," paparnya.

Riza mulai memasuki masa kerja hari pertama mulai hari ini dengan agenda penjelasan prog ram-program yang bakal dijalani pada masa sisa pemerintahan. (Put/Ins/Pra/Dhk/J-1)

BERITA TERKAIT