14 April 2020, 10:06 WIB

Pascagencatan Senjata, 110 Ribu Warga Suriah Kembali ke Idlib


Haufan Hasyim Salengke | Internasional

HAMPIR 110 ribu warga Suriah yang terlantar telah kembali ke rumah mereka di Provinsi Idlib, Suriah barat laut, sejak Turki dan Rusia menyepakati gencatan senjata di wilayah itu pada 5 Maret.

Sekitar 1 juta warga Suriah mengungsi dari Idlib ketika rezim Suriah dan sekutunya meluncurkan serangan pada November 2019.

Sebagian besar pengungsi mencari perlindungan di kamp-kamp pengungsi dekat perbatasan dengan Turki, sementara yang lain pergi ke daerah-daerah di bawah kendali oposisi Suriah di Suriah utara.

Baca juga: Gantz dan Netanyahu Diminta Negosiasikan Pemerintahan Bersama

Berbicara kepada Anadolu, Muhammad Hallaj, direktur Kelompok Koordinasi Respons Suriah mengatakan banyak warga Suriah yang terlantar kembali ke rumah mereka segera setelah penghentian serangan oleh pasukan rezim di daerah itu.

Dia menambahkan, sejak gencatan senjata terjadi, 109.714 warga Suriah telah kembali ke rumah mereka.

Hallaj juga mengatakan sejumlah besar pengungsi Suriah masih lebih suka tinggal di kamp-kamp di dekat perbatasan Suriah-Turki, karena pasukan rezim masih mengontrol desa-desa.

Pada 5 Maret, Presiden Recep Tayyip Erdogan dan mitranya dari Rusia, Vladimir Putin, menyepakati gencatan senjata baru di Idlib yang mulai berlaku sehari kemudian. (AA/OL-1)

BERITA TERKAIT