10 April 2020, 20:05 WIB

Tingkat Kesembuhan Pasien Covid-19 Sumut di atas Rerata Nasional


Yoseph Pencawan | Nusantara

GUGUS Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Sumatera Utara (Sumut) mencatat angka kesembuhan pasien positif korona di wilayahnya berada di atas rata-rata nasional.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Sumut Aris Yudhariansyah mengungkapkan, sampai dengan Kamis (9/4), jumlah pasien positif yang sembuh di Sumut sebanyak delapan orang. "Angka kesembuhan akibat Covid-19 di Sumut saat ini berada di angka 14,5 persen. Angka ini berada di atas rata-rata nasional," ujarnya, Jumat (10/4).

Hingga kemarin, jumlah PDP Covid-19 di Sumut sebanyak 140 orang dan yang positif berjumlah 84 orang. Dengan rincian, pasien yang dinyatakan
positif melalui rapid test sebanyak 29 orang dan metode PCR sebanyak 55 orang.

Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Sumut akan terus berupaya meningkatkan angka kesembuhan ini meski tantangan penanganan pandemi Covid-19 semakin banyak, termasuk dari sisi karakteristik virus. WHO telah mengumumkan bahwa Covid-19 tidak lagi hanya ditularkan lewat droplet (percikan/tetesan). Melalui hasil penelitian, ditemukan
bahwa virus corona juga bisa bertahan di udara dan bisa bertahan lebih lama di ruangan tertutup dengan AC.

WHO juga menemukan adanya golongan baru dalam proses penularan wabah ini, yaitu Orang Tanpa Gejala (OTG). OTG memiliki suhu tubuh normal dan tidak batuk karena daya tahan tubuh kuat, tetapi bisa membawa virus. (R-1)

 

BERITA TERKAIT